News

Pentingnya Kerja Sama Internasional Melawan Korupsi

Kuala Lumpur, Malaysia – President of The International Association of Prosecutors James Hamilton mengatakan, tindak kriminal dari korupsi adalah mengambil kepentingan yang luar biasa dan ini menjadi fokus jaksa seluruh dunia. Dalam kata sambutannya dalam Konvensi Internasional ke-6 IAACA di Kuala Lumpur, Malaysia, James mengutakan, bagaimanapun juga dalam berbagai sudut pandang korupsi berbeda dari bentuk kriminal lainnya. Hal ini bisa menjustifikasi perlakuan yang berbeda bagi pelaku tindak pidana ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam perkara korupsi khususnya transaksi kriminal dilakukan antara dua kelompok kriminal, yakni orang yang memberikan suap dan orang yang menerimanya. Menurutnya, biasanya kasus-kasus demikian diikuti oleh sengketa antara para whistle blowers dan orang yang melakukan kejahatan.

“Karakteristik yang berbeda dari pelanggaran-pelanggaran korupsi, yang juga dibagi dengan bentuk-bentuk lain dari tindak kriminal kerah putih, saya sungguh berharap konferensi ini bisa menjadi media terbaik untuk berbagi informasi dan teknik dalam memerangi korupsi,” ujarnya.

Baginya, penyangkalan dari negara-negara yang menjadi surga bagi pelaku tindak pidana kriminal dan, dalam kasus korupsi, lebih khusus lagi keburukan mereka dalam mendapatkan keuntungan adalah pertanyaan yang penting. Ia juga menuturkan, di mana terjadi korupsi, di sanalah selalu ada pencucian uang dan pencucian uang itu biasanya mengambil tempat dalam jurisdiksi yang berbeda dari tempat terjadinya peristiwa sesungguhnya. Konsekuensinya, kerja sama internasional mengambil dimensi yang secara khusus penting dalam perang melawan korupsi.

“Saya betul-batul berharap bahwa kesimpulan-kesimpulan dan rekomendasi-rekomendasi dari konferensi ini di Kuala lumpur akan membuat kontribusi berharga untuk melawan korupsi,” kata James.*** (Retno)

Sumber foto: http://english.people.com.cn