News

Kuasa Hukum Tersangka Korupsi Laporkan Oknum Jaksa Ke Bareskrim Polri

Terkait Kasus Penyimpangan Proyek Pembangunan Embung (penampung air) sebanyak 3 (tiga) unit senilai Rp. 531.101.000 pada tahun anggaran 2008, yang menjerat Ir. H. Muhammad Zakirin sebagai terdakwa, penasehat hukum terdakwa, Akbar Hidayatullah SH menyatakan ada kejanggalan. “Ada upaya kriminalisasi yang dilakukan oknum Kejaksaan Negeri Menpawah, Kalimantan Barat,” ungkapnya. Akbar,sebagai kuasa hukum tersangka mengaku ada yang tidak beres dalam persidangan yang berlangsung pada 2011 lalu.

Menurut Akbar, pernyataannya tersebut bukan asal bicara. “Proyek ini sudah diaudit oleh Inspektorat Daerah dan BPK. Bahkan sudah dihibahkan kepada masyarakat dengan berita serah terima pekerjaan Embung TA 2008 yang bernomor 170/BA-Embung/Distannak/2009,“ ujarnya. Ir. H. Muhammad Zakirin sendiri merupakan Kabid Tanaman Pangan & Hortikultura pada Dinas Pertanian Peternakan Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat. Zakirin saat ini berstatus tahanan kota. “Beliau divonis 1 tahun 6 bulan oleh Pengadilan Negeri Tipikor Pontianak dan diperkuat Pengadilan Tinggi Pontianak. Sekarang sedang kami upayakan kasasi,” kata Akbar.

Selain itu, Akbar menambahkan, dirinya juga sudah melaporkan oknum Kejari Menpawah ke Bareskrim Polri pada Rabu (12/12) lalu. “Ini terkait dugaan kami, dengan adanya kejahatan jabatan sebagaimana Pasal 421 KUHP yang dilakukan oleh Oknum Kejari Mempawah. Dan adapula dugaan pemalsuan surat (Hasil Audit BPKP) sebagaimana Pasal 263 KUHP,” tuturnya. Meskipun laporannya belum ditindaklanjuti oleh Bareskrim, Akbar sedang berupaya mengajukan laporan tersebut ke Jaksa Agung Muda Pengawasan, Kejagung.

Akbar mengungkapkan, adanya tekanan dan intervensi terhadap kliennya ini memang nyata adanya. “Terbukti, adanya rekayasa Berita Acara Pemeriksaan yang dicabut para saksi,” ucap Akbar.  Bahkan, ada dugaan pemalsuan surat hasil audit dari BPKP. Hasil audit oleh akuntan (BPKP Provinsi Kalimantan Barat) menyatakan adanya nilai kerugian negara sebesar Rp. 136.268.827,87.*** (Puji)

 

 

Please follow and like us:
0