Headline News

Surabaya, Kota Peraih IGRA 2013

Jakarta – Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, menerima penghargaan Indonesia Green Region Award (IGRA) 2013 di Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada 19 Desember 2013 lalu.

Penghargaan tahunan yang telah diadakan untuk ke-4 kalinya ini merupakan hasil kerja sama Majalah SWA dengan Radio KBR 68H. Ini merupakan penghargaan bagi kota/ kabupaten yang memiliki kepemimpinan terbaik dalam penyelamatan lingkungan.

Dewan juri yang terdiri dari Palgunadi T. Setiawan (Komisaris PT Jakarta Propertindo), Darwina Sri Widjajanti (Direktur Program Nasional LEAD Indonesia, Direktur Eksekutif Yayasan Pembangunan Berkelanjutan),  Santoso (Dirut KBR68H), Berry Nahdian Furqon (konsultan independen, mantan Direktur Eksekutif Walhi) dan Dr. Tience Darmawati (Pusdik Kementerian Negara Lingkungan Hidup) menilai Tri sebagai peimpin yang visioner, mau terjun ke bawah, punya strategi yang jelas dan memiliki inovasi yang terus menerus.

Menanggapi penghargaan ini, lulusan ITS ini mengatakan, “Yang saya lakukan adalah bagaimana warga Surabaya mencintai lingkungan. Caranya dengan mengajari warga agar peduli lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.”

Selain Surabaya, ada 9 daerah tingkat II yang mendapat penghargaan IGRA 2013 karena dinilai sebagai daerah yang terbaik dalam upaya penyelamatan lingkungan. Kesembilan daerah tersebut adalah kota Payakumbuh, kota Yogyakarta, kota Surakarta, kota Batu, kabupaten Malang, kabupaten Jombang, kabupaten Grobogan, kabupaten Gresik dan kabupaten Banyumas.

Melalui penghargaan ini, penyelenggara berharap Pemerintah Daerah semakin terdorong untuk melakukan berbagai terobosan penyelamatan lingkungan di daerahnya masing-masing. Namun tetnu saja, upaya ini tidak cukup hanya mengandalkan tangan Pemerintah Daerah. Keterlibatan aktif masyarat dan pengusaha jelas amat berarti dalam upaya penyelamatan lingkungan. *** (Pras)

 

Foto: www.portalkbr.com

Please follow and like us:
0