Headline News

Tantangan Presiden Mendatang : Penegakan Hukum

Jakarta – Lemahnya penegakan hukum di Indonesia merupakan salah satu hal penting yang harus dibereskan oleh presiden Republik Indonesia mendatang.  Tantangan ini tampak dari kenyataan di masyarakat berupa adanya penanganan kasus secara tebang pilih, aparat penegak hukum masih mudah disuap.  Hal ini disampaikan Dinna Wisnu, Head of Paramadina Graduate School of Diplomacy, dalam diskusi bertajuk “Pilpres dan Tantangan Lokal-Global Indonesia 2014-2019” di Jakarta, Rabu (7/5).

Menurutnya, hal penting yang harus dilakukan presiden yang baru dan pemerintahan mendatang adalah menegakkan peraturan yang sudah ada secara konsisten.

“Ada banyak peraturan yang sudah ada ,tapi kenyataannya harus didiskon ketika berhadapan dengan tokoh yang punya pengaruh kuat atau orang berduit,” ujarnya.

Lebih lanjut, mengenai  proses perbaikan penegakan hukum, Dinna mengatakan, ketika penegakan hukum sudah berjalan konsekuen, tidak ada penegak hukum yang korupsi dan semua orang sama di hadapan hukum, barulah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di hukum Indonesia.

Baginya, kedua hal itulah yang menjadi standar minimal memperbaiki penegakan hukum di Indonesia. (Praz)

Please follow and like us:
24