Headline News

Jaksa Agung AS Akan Terbang ke Paris Bahas Isu Ekstremisme

Jaksa Agung AS Eric HolderWashington – Jaksa Agung Amerika Serikat  akan melakukan perjalanan ke Paris pada Minggu mendatang untuk mengambil bagian dalam pertemuan international tingkat menteri di tengah tragedi pembantaian di Kantor Charlie Hebdo.

Menurut Departemen Kehakiman AS, pertemuan itu diselenggarakan oleh Menteri Dalam Negeri Perancis.
Di antara topik diskusi yaitu soal mengatasi ancaman teroris, pejuang asing dan melawan ekstremisme dan kekerasan.

Perjalanan ini terjadi atas permintaan pemerintah Perancis, tetapi juga menunjukkan dukungan AS untuk Perancis pasca penembakan yang menewaskan 12 orang dan 11 lainnya luka-luka.

Holder merupakan orang kulit hitam pertama di Amerika Serikat yang menjadi Jaksa Agung. Sampai Gedung Putih menemukan penggantinya karena ia menyatakan mengundurkan diri pada Sepetember 2014 lalu, Holder tetap menjabat dan bertugas seperti biasa.

Menteri Dalam Negeri Perancis pun telah menyatakan bahwa Paris menjadi tuan rumah pertemuan delegasi dari Amerika Serikat dan Eropa guna membahas perang melawan terorisme berkaitan dengan pembantaian di Kantor Charlie Hebdo.

“Saya telah mengambil prakarsa mengundang ke Paris pada Minggu rekan-rekan saya dari negara-negara Eropa yang paling terkena dampak serta rekan Amerika saya (Jaksa Agung) Eric Holder,” kata Bernard Cazeneuve seperti dilansir AFP.

“Tetapi pertemuan itu juga tentang bertukar ide mengenai tantangan umum bahwa ancaman teroris hanya dapat diselesaikan di Uni Eropa dan seterusnya,” tambah Cazeneuve. (Aan)