Budaya Headline

Melacak Sejarah Diponegoro

Pameran Diponegoro, IndiguerillasJakarta – Cerita kepahlawanan ternyata bisa menjadi sebuah karya seni yang agung mulai dari cerita kelahiran hingga perjuangan sang pahlawan. Kali ini pun, Galeri Nasional menggelar pameran tentang kisah kepahlawanan Diponegoro.

Pelaksanaan pameran akan berlangsung mulai 6 Februari hingga 8 Maret 2015. Pameran bertajuk “Aku Diponegoro: Sang Pangeran dalam Ingatan Bangsa, dari Raden Saleh hingga Kini” menyajikan kembali kisah heroik yang luar biasa dari Pangeran Diponegoro (1785-1855) yang dihadirkan melalui sudut pandang pelukis klasik, seniman kontemporer serta masyarakat umum.

“Melalui pameran ini kita tidak bisa menyangkal munculnya kesadaran baru dalam sejarah dan kita harus berterima kasih dengan Peter Carey, Werner Kraus dan pihak yang mewujudkan pameran ini,” kata Jim Supangkat, salah seorang kurator pameran.

Dalam pameran ini disajikan karya-karya interpretasi sosok Diponegoro oleh para seniman maestro dari masa Raden Saleh hingga kini, juga ditampilkan jubah asli Pangeran Diponegoro dan artefak peninggalan pribadi Diponegoro. Serangkaian acara seperti diskusi panel dan lokakarya pun akan melengkapi pameran ini.

Pameran ini dikurasi oleh Dr. Werner Kraus, Jim Supangkat dan Dr. Peter Carey ini diprakarsai dan diselenggrakan oleh Goethe-Institut Indonesien, Galeri Nasional Indonesia di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kedutaan Besar Jerman di Indonesia, Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Erasmus Huis, Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Universitas Paramadina. (Gung)

Please follow and like us:
20