Headline News

44 Mantan Pengacara Negara Ramai-ramai Bela Mantan Gubernur Virginia

Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell dan istrinya MaureenRichmond – Empat puluh empat mantan pengacara negara mendesak pengadilan banding federal membuang keyakinan korupsi publik atas mantan Gubernur Virginia Bob McDonnell.

23 pengacara Demokrat dan 21 Republik berpendapat bahwa McDonnell didakwa berdasarkan definisi yang terlalu luas akan suatu “tindakan resmi” dalam undang-undang suap federal.

Pada September lalu, mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell dan istrinya Maureen dituduh menerima hadiah dan pinjaman lebih dari 160 ribu dolar dari pengusaha kaya sebagai imbalan mempromosikan produk-produk perusahaannya.

Mantan Gubernur dihukum dua tahun penjara. Istrinya dijatuhi hukuman satu tahun dan satu hari. Keduanya bebas sementara mengajukan banding.

Menurut kesaksian pada enam minggu percobaan, McDonnell mengatur pertemuan dengan pejabat pemerintah untuk Jonnie Williams, sementara CEO Star Scientific Inc sedang mencari penelitian yang didukung negara untuk produk anti-inflamasi Anatabloc.

McDonnell yang secara luas dianggap sebagai partner Mitt Romney juga menghadiri acara mempromosikan Anatabloc dan menjadi tuan rumah acara peluncuran produk di Executive Mansion.

Jaksa berpendapat bahwa pinjaman berbunga rendah dan hadiah mewah, termasuk sekitar US$ 20.000 untuk desainer pakaian dan aksesoris, Rolex US$ 6.500 dan US$ 15.000 untuk biaya pernikahan anak perempuannya membuat upaya McDonnells atas nama Williams ilegal, meskipun eksekutif tidak pernah menerima sesuatu yang nyata sebagai imbalan.

Jaksa mengatakan dalam dokumen pengadilan bahwa McDonnells terlibat dalam skema suap “quid pro quo” yang memenuhi definisi korupsi yang masuk akal.

Argumen yang dibuat oleh para mantan pengacara pun lantas sebagian besar cermin yang dibuat oleh McDonnell di saat banding.

Enam mantan pengacara umum Virginia – empat Demokrat dan dua Republik – mengajukan secara terpisah peninjauan kembali. Mereka mengatakan bahwa sebagai pengacara umum, mereka tidak akan menyimpulkan bahwa jenis tindakan yang dilakukan oleh McDonnell adalah ilegal.

Dua kelompok profesor hukum yang totalnya 20 orang dan sekelompok 120 bisnis dan “pemimpin kebijakan publik” juga mengajukan pernyataan berpihak dengan McDonnell pada masalah tindakan resmi. (Aan)

Please follow and like us:
20