Budaya Headline

Melihat Timur Lewat Lukisan

Pameran LukisanJakarta – Lukisan ternyata dapat dijadikan tanda, baik secara lokal maupun global. Melalui penggalian tematik karya-karya lukis negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN, salah satu lembaga seniman di India pun mengadakan residensi sepanjang waktu 2012 di Darjeeling, India.

Hasil residensi ini dipamerkan dalam tema “Merging Metaphors: A Painting Exhibition of New Artworks” yang telah dibuka dan diresmikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh.

Sekitar 24 pelukis mengisi ruang pamer di Galeri Nasional Indonesia. Pameran akan berlangsung pada 17 – 31 Maret 2015.

“Proyek ini adalah salah satu harapan yang dapat menimbulkan kebersamaan serta membuat kemajuan bersama, juga bekerja bersama untuk keberhasilan seni,” ujar Sushma K Bahl di tengah pembukaan pameran.

Residensi dianggap sebagai salah satu langkah pada satu rantai berturut-turut untuk melihat Timur. Gagasan ini harus terus dilakukan dengan dukungan publik dan swasta untuk mengembangkan dan agar saling menguntungkan.

Dan hal yang belum pernah ada di sana, tradisi seperti ini menjadi sarana paling tepat dalam rangka promosi ekonomi. (Gung)

Please follow and like us:
18