Budaya Headline

SPRITES Biennale Bali 2015Mengukuhkan Kolaborasi Seni

Syafiudin Vifick_Sanur_Sprites MomentDenpasar – Berbagai bidang seni jika dikolaborasikan ternyata mempunyai sudut pandang lain. Bahkan kerjasama antar seniman membuat detail pekerjaan lebih akurat dan lebih fokus dalam penyelesaian karya. Hal ini membangkitkan semangat bagi seniman yang bekerja secara kolaboratif.

erdasarkan nilai kolaborasi berbagai bidang seni maka SPRITES Biennale, Bali, menyelenggarakan acara pada tanggal 9 Juni- 6 September 2015 di Pantai Depan Hotel Griya Santrian, Sanur, Bali.

SPRITES Biennale menghadirkan 9 moments selama tiga bulan berdasarkan hitungan kalender Lunar. Pada 21 Juni digelar Moment #2 yang bertajuk Manusia Pengangkut Air, terbagi dalam tiga sesi, yaitu Embracing Sunrise, Chaotic Sunset dan Cosmic Orgasm.

Acara ini mengambil tema ‘Water’ yang berinduk pada Panca Maha Bhuta, lima elemen dasar yang membentuk lapisan makhluk hidup dan alam semesta.

Program kali ini hasil kerjasama Yayasan NythiaKala & Yayasan Pembangunan Sanur. Melibatkan seniman-seniman: Kampung Seni Banyuning, Teater Tebu Tuh, Dek Gek (Choreographer), Neli Yo (Costume Designer), I Wayan Upadana (Art Installation), Ida Bagus Purwa (Visual Artist), Wayan ‘Jengki’ Sunarta (Poetry Improvisation), Ridwan Rudianto (Motion Art) dan Scenographer: Putu Satria Kusuma.

“SPRITES terinspirasi oleh keseimbangan tradisi dan modernitas yang ada di Bali,” kata Yoka Sara.

“Bali adalah pulau yang begitu indah dan begitu paradoksal. Saya selalu berkeinginan menjelajahi ide-ide ini melalui seni. SPRITES menghadirkan ide-ide itu melalui talenta para seniman dari berbagai bidang, seperti videografi, musik, fashion, arsitektur dan teater. Begitu banyak pihak yang terlibat dan kami begitu penuh harap untuk menantikan akhir proses berkesenian di SPRITES Biennale 2015 ini akan menjadi seperti apa. Keterlibatan publik jugalah sangat penting dalam acara ini, so please join us!”

SPRITES Art & Creative Biennale digagas oleh Yoka Sara, seorang arsitek-seniman multitalenta yang mendedikasikan diri pada proses berkesenian, khususnya di Bali.

SPRITES Water Art & Creative Biennale 2015 akan diselenggarakan hingga September dengan rangkaian momen selanjutnya yang dijadwalkan pada hari Minggu,1 Juli (Purnama); Sabtu 11 Juli; Kamis, 30 Juli (Purnama); Jumat, 14 Agustus (Tilem); Minggu, 23 Agustus; Sabtu, 29 Agustus (Purnama); Minggu, 6 September. (Gung)