Budaya Headline

Pameran This Is Not Street Art!Ironi Visual

Ironi VisualJakarta – Pameran lukisan dan patung hadir dengan bentuk dan gaya berbeda. Empat seniman, Eddie Hara, Matthias Willi, Darbotz, Jange Rae, menunjukkan idealisme yang telah mereka kerjakan selama ini. Melihat pameran ini secara luas, seperti ironi visual, seniman sebagai pemikir seperti hendak membentuk bahasa visual untuk pergaulan. Adaptasi visual yang disatu pada ukuran kanvas membentuk visual komprehensif merangsang pemahaman budaya visual subkultur.

Itulah dasar pemikiran pameran “This is not Street Art!” yang pembukaannya dilakukan pada 24 Agustus 2015 lalu. Karya-karyanya dapat dilihat di Dia.lo.gue. artspace Jl Kemang selatan 99a Jakarta 12730. Pameran akan berlangsung 24 Agustus -10 September 2015.

Terlihat di pameran, proses Jange Rae memperkuat gagasan dengan image transfer, kadang digital print dan stencil, mempermudah teknik dan penguasaan visual. Sedangkan Darbotz menunjukkan monsterball bekerja sebagai artefak dengan memberi sudut pandang menghidupkan, karya yang digambarkan terlihat sulit diurai dan terkesan padat gaya visualnya, tetapi membentuk suatu pesan.

Eddie Hara, mengadaptasi gurita yang sedemikian rupa, yang dimodifikasi menjadi bentuk yang lebih flat, dihidupkan dengan warna-warna poster yang fragmental.

“Terutama dengan cumi-cumi atau gurita yang berkepala tengkorak. Ide tentang simbol “kelautan” kita yang semakin kosong dikuras habis oleh nelayan asing, pake pukat harimau plus nelayan tradisional yang memakai racun dan bom. Koral rusak, laut tercemar oleh buangan limbah,”  ujar Eddie Hara, salah seorang pelukis peserta pameran dalam suatu wawancara.

Sedangkan Matthias Willi, fotografer, yang melibatkan pemusik yang selesai melakukan aksi panggungnya, berusaha membentuk kesan pada foto-fotonya dalam ruang yang dinamis, menunjuk pada kebiasaan model sebagai pemusik turun panggung. Terlihat aslinya bagaimana keringet keluar setelah aksi lepas panggung. Ketika difoto tetap terlihat santai, bukan sebagai bintang yang harus ditata dengan make up yang cakep dan cantik terlebih dahulu. (Gung)

Please follow and like us:
20