Headline News

Publik Desak Pihak Berwenang Usut Tuntas Pembantaian Yongki

YongkiLAMPUNG – Indonesia berduka dengan kematian seekor gajah jinak bernama Yongki yang ditemukan tak bernyawa dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Gajah Yongki (15) ditemukan tak bernyawa pada Jumat lalu dalam keadaan mengenaskan karena gadingnya telah dicabut. Lokasi penemuan jasad hanya 200 meter dari posko pemantauan.

Kematian Yongki pun membuat publik terhenyak. Gelombang kecaman dari netizen pun tak terbendung lagi

Kecaman demi kecaman terus bermunculan karena Yongki sejatinya bukan gajah biasa. Yongki adalah salah satu gajah patroli di Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Ia sudah sekitar enam tahun menjalankan tugas menghalau konflik gajah di wilayah Pemerihan, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Tagar #RIPYongki pun menjadi trending topic Indonesia (TTI) dengan sejumlah kecaman dari para artis ternama Indonesia.

Keterlaluan! Gajah Jinak Pahlawan Kita, Di Posko Pemantauan Dibantai dan diambil Gadingnya #RIPYongki,” kicau Musisi Dwiki Dharmawan di akun @dwiki_dharmawan.

Tika Panggabean pun ikut bersuara, “Selamat jalan yongki, terimakasih…”#RIPYongki,” tulisnya dengan emotikon menangis dan hati.

Tak ketinggalan, Olga Lydia di @OlgaLy_DIA, ikut berkicau, “Semoga pembeli gading gajah segera sadar akan ketololan dan kedunguannya! #RIPYongki.”

Terpisah, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Lampung Subakir menegaskan pihaknya juga telah menyebar tim intelijen untuk memantau pergerakan gading Yongki yang dibawa kabur pemburu gading.

“Kami sudah menyiapkan petugas di beberapa akses keluar Lampung, termasuk di bandara dan pelabuhan. Semoga gading Yongki tidak keluar Lampung dan pelakunya bisa segera kami tangkap,” harapnya.

Worldwide Fund for Nature (WWF) Indonesia Lampung dan Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)-Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur pun meminta pihak berwenang secepat mungkin mengusut kasus kematian Yongki. (Aan)

Please follow and like us:
24