Headline News

Jaksa Agung Ikut Usut Skandal Calo Tiket Olimpiade Rio 2016

Shane RossDUBLIN – Menteri Olahraga Irlandia Shane Ross akan bertemu dengan Jaksa Agung untuk membahas langkah-langkah penyelidikan atas skandal percaloan tiket Olimpiade Rio 2016.

Shane Ross mengatakan kerangka acuan untuk penyelidikan independen akan lebih jelas malam ini setelah mendapatkan nasihat hukum untuk penyelidikan independen dalam skandal Olimpiade tersebut.

Kemungkinan ia akan memiliki gagasan yang jelas tentang ruang lingkup dan skala penyelidikan itu, termasuk apakah akan melihat kembali Olimpiade 2012 dan permainan tahun ini.

Sejauh ini, polisi Brasil telah menangkap pejabat Olimpiade puncak Eropa untuk penyelidikan skandal calo tiket Olimpiade Rio.

Polisi mengaku menemukan bukti kaitan seorang pria Irlandia berusia 71 tahun bernama Pat Hickey dengan sebuah jaringan internasional yang menyalurkan secara ilegal tiket Olimpiade ke para calo yang menjual kembali tiket-tiket itu jauh di atas harga aslinya.

Pihak berwajib pun mengeluarkan surat perintah penangkapan dan mengeluarkan berbagai tuduhan kepada tiga eksekutif PRO10 Sports Management yang berbasis di Dublin.

Polisi menuduh PRO10 telah menyalurkan tiket Olimpiade Rio ke perusahaan lainnya, THG Sports, yang direkturnya ditangkap pekan ini di Brasil. PRO10 dan THG telah membantah melakukan pelanggaran. Sedangkan Hickey menolak memberikan komentar.

Hickey untuk sementara mundur dari jabatan anggota dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional, Presiden Komite Olimpiade Eropa dan Wakil Presiden Asosiasi Komite Olimpiade Nasional.

Hickey adalah bekas atlet judo dan presiden kehormatan seumur hitup Federasi Judo Irlandia. Dia sudah memimpin komite Olimpiade Irlandia OCI sejak 1989. Pada 2015, dia memimpin Olimpiade Eropa pertam yang diorganisasikan EOC di Baku, Azerbaijan, demikian Reuters.

Dewan OIimpiade Irlandia mengatakan bahwa Hickey, presiden mereka, dibebastugaskan dari semua fungsi Olimpiadenya sampai skandal tiket ini menemui kejelasan.

Percaloan tiket dianggap ilegal di Brasil. Polisi dan jaksa semakin keras menindak praktik ini sejak Brasil menjadi tuan rumah dua event olah raga terbesar dunia, Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Pada Piala Dunia 2014, polisi Brasil juga melakukan hal sama, menangkap para pejabat Piala Dunia karena menyalurkan tiket kepada calo yang membuat para calon untung Rp406 juta per pertandingan.

Kini Polisi Brasil mengeluarkan empat surat perintah penangkapan bagi rekan-rekan dari Kevin Mallon . Kevin Mallon telah dipenjara di Brasil selama lebih dari seminggu. Ia ditangkap bersama dengan penerjemah dengan ratusan Tiket Irlandia Olympic Council.

Please follow and like us:
20