Headline News

Hari Ini Pendaftaran Calon Komisioner HAM Dibuka

JAKARTA, REQuisitoire.com – Hari ini Kamis (22/12/2016) pendaftaran calon komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) periode 2017-2022 telah dibuka hingga 22 Februari 2017.

Komisioner Komnas HAM periode 2012-2017 akan berakhir 12 November 2017 dan akan memilih Komisioner baru yang dilakukan oleh panitia seleksi (pansel).  Pansel telah terbentuk dalam sidang paripurna Komnas HAM 5 Oktober 2016. Anggota pansel terdiri dari Jimly Asshiddiqie (Ketua), Harkristuti Harkrisnowo (Wakil Ketua), Makarim Wibisono, Siti Musdah Mulia, Bambang Widodo Umar, Zoemrotin K Susilo dan Bambang Widjojanto.

Tugas dari pansel antara lain melakukan upaya strategis guna menjaring sebanyak mungkin sumber daya potensial yang mempunyai potensi dan motivasi kuat dalam mengelola dan memajukan lembaga HAM, menyusun syarat dan tata cara seleksi calon anggota Komnas HAM, melakukan seluruh tahapan seleksi mulai dari penjaringan, penyaringan, pemilihan dan penetapan calon. kemudian, memastikan partisipasi publik dan keterbukaan dalam setiap tahap seleksi.

Kemudian memilih dan menetapkan calon terpilih. dan melaporkan setiap tahapan dan hasil akhir pelaksanaan tugas pansel kepada sidang paripurna Komnas HAM.

Berikut ini tahapan yang akan dilewati oleh calon Komisioner Komnas HAM , setelah  proses seleksi, penilaian, masukan, wawancara, psikotes dan tes.(Dnls)

Please follow and like us:
0