Budaya Headline

Perayaan Literasi Anak

JAKARTA, REQNews– Pada hari Sabtu, 25 Februari Suar dan POST Santa mengadakan acara PESTA CERITA di Suar Artspace yang akan diisi dengan rangkaian lokakarya, bursa buku dan barang seni,  piknik membaca cerita, pameran ilustrasi, bincang buku, dan penampilan musik.

PESTA CERITA juga merupakan kesempatan resmi untuk meluncurkan buku Aku, Meps, dan Beps karya ibu dan anak: Soca Sobhita dan Reda Gaudiamo. Buku ini bercerita tentang keseharian keluarga, di mana masa kecil Soca menjadi fokus utama. Aku, Meps, dan Beps merupakan judul pertama yang dikeluarkan oleh POST Press, penerbitan independen subsidiari dari toko buku POST Santa.

Dengan tema acara seputar literasi anak, PESTA CERITA sekaligus menjadi acara penutupan yang pas bagi pameran TELL TALE yang telah berlangsung di Suar selama bulan Februari. Menampilkan instalasi mixmedia,mural, dan buku, TELL TALE – yang digarap oleh duo seniman Margaret Yap dan Addy Debil –membawa pengunjung merasakan pengalaman baru dalam menikmati cerita – yang tidak hanya tergambar sebatas kertas-kertas buku, tetapi bisa juga seluas-luas ruang imajinasi.

Salah satu acara PESTA CERITA adalah eksebisi yang akan menampilkan karya-karya ilustrasi dari dua buku anak: Aku, Meps, dan Beps yang digambari oleh Cecilia Hidayat dan buku Terbang, yang digambari oleh Rassi Narika. Selain itu akan ada juga sesi piknik cerita, di mana pengunjung bisa saling membacakan buku/potongan cerita. Dalam sesi piknik tersebut, akan turut serta bergabung adalah para penyair: Beni Satryo, Kezia Alaia, dan Gratiagusti Chananya Rompas yang dalam kesempatan ini akan membacakan puisi tentang anak-anak.

Sepanjang acara akan ada lapak donasi buku yang diorganisir oleh komunitas Lemari Buku-buku, di mana para pengunjung yang menyumbangkan bukunya akan mendapatkan timbal balik berupa foto portret yang digambari oleh relawan ilustrator. Buku-buku ini nantinya akan dikirimkan ke perpustakaan dan taman baca di pelosok Indonesia. PESTA CERITA juga akan menghadirkan bursa buku dan peralatan tulis dari sejumlah toko/penerbitan buku independen: POST Santa, Seumpama Books, baba baa, PEPA – People and Paper, dan Anakayu.

Menutup rangkaian pesta akan ada penampilan musik dari Reda Gaudiamo bersama gitaris Jubing Kristianto yang akan membawakan lagu-lagu anak Nusantara. PESTA CERITA adalah kesempatan kolaborasi pertama antara Suar dan POST yang melibatkan dunia anak.

“Meskipun secara khusus kami memang tidak berkecimpung di dunia anak, namun baik POST maupun Suar sama-sama bergerak di bidang kreatif. Kreativitas lahir dari imajinasi yang aktif dan kami merasa masa anak-anak adalah masa yang penting untuk menumbuhkan keberanian menjadi kreatif,” ujar Nin Djani, juru bicara Suar.

Ia menambahkan, meski tema acara bertumpu pada anak-anak, PESTA CERITA pun tetap memiliki relevansi bagi pengunjung dewasa karena kreativitas dan imajinasi adalah semangat yang melintasi batas usia. Diharapkan acara ini bisa mendekatkan para pegiat dunia anak dan kreatif juga menginspirasi lebih banyak kreator untuk menciptakan karya yang bisa dinikmati oleh anak serta orang muda. (fag)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *