Headline Hukum

Dilantik Jadi Ketua MA, Ini Janji M. Hatta Ali

JAKARTA, REQNews – Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Hatta Ali berjanji akan meningkatkan pembersihan di tubuh Mahkamah Agung dan seluruh jajaran peradilan di bawahnya. Hal ini ditegaskannya usai dilantik oleh Presiden Jokowi, Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/3).

“Kita sudah mengeluarkan berbagai Perma (Peraturan Mahkamah Agung), antara lain Perma nomor 7, nomor 8, nomor 9 tahun 2016. Ketiga Perma ini penekanannya fokusnya adalah masalah pengawasan,” kata Hatta yang akan bekerja untuk periode 2017-2022.

Ia pun lantas mengingatkan bahwa setiap pelanggar-pelanggar yang terjadi dalam rangka pelaksanaan tugasnya yang berkaitan dengan non teknis, dalam arti kata merupakan pelanggaran kode etik maka tidak ada ampun.

“Kami akan menindak secara tegas,” ujarnya seperti dikutip situs Setkab

Sementara itu, terkait hakim yang berkali-kali membebaskan terdakwa korupsi, Ketua MA M. Hatta Ali mengatakan, akan melihat konteks masalah hukumnya. Apakah memang layak terdakwa dibebaskan atau tidak.

“Kalau memang layak ya ini lah independensi hakim dan inilah kemerdekaan hakim. Tetapi kalau sekedar membebas-bebaskan, tanpa ada ketentuan yang mendasar, maka inilah kita akan melakukan tindakan dalam pengawasan teknis yudisial yang dilakukan dan hanya dipunyai oleh Mahkamah Agung,” tegas Hatta.

Dalam kesempatan itu Hatta Ali juga menegaskan, bahwa di dalam masa kepemimpinannya MA akan kembali mengurangi sejauh mungkin penerbitan fatwa.

“Oleh karena itu, fatwa itu sangat kritis, sangat selektif, dan dibawa ke rapat pimpinan untuk dimusyawarahkan bersama, kemudian diputuskan apakah perlu atau tidak memberikan fatwa,” pungkas Hatta. (Joh)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *