Budaya Headline

Telisik Industri Kain

JAKARTA, REQnews– Pameran Ikat/eCut  merupakan program dari Goethe-Institut untuk mengajak publik menggali masa lampau, masa kini dan masa depan tekstil di Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru (serta Jerman).

Acara akan dilaksanakan pada Kamis, 09 Maret 2017, Pukul 19.00 WIB, di Gudang Sarinah Ekosistem, Hall A.4 Jalan Pancoran Timur II No. 4.Jakarta Selatan. Pameran akan berlangsung selama bulan Maret 2017.

Pameran Ikat/eCut  mengundang pengunjung untuk memahami potensi budaya tekstil dalam beragam bidang, dari seni hingga desain, dari tradisi hingga teknologi, juga mengkritisi industri tekstil, fashion dan pola konsumsi.

Pameran ini berusaha menampilkan penelitian yang komprehensif dan cerdas atas sistem industri pakaian serta konsekuensi sosio-ekonomi dan ekologisnya. Fast Fashion memberikan pemahaman atas hubungan segitiga konsumerisme, ekonomi dan ekologi dari berbagai sudut pandang: fashion dan korbannya, kemiskinan dan kemakmuran, global dan lokal, upah dan laba, pakaian dan bahan kimia, pakaian dan keseimbangan ekologis.

“Laboratorium ini menawarkan perspektif yang berbeda atas pendekatan para pengrajin, perancang dan peneliti terhadap filosofi slow fashion di Indonesia. Memanfaatkan perspektif laboratorium sebagai sebuah tempat menggali pengetahuan, Slow Fashion Lab mengajukan pemahaman ke dalam keragaman investigasi, eksplorasi dan uji coba”,ujar Aprina Murwanti.

Sedangkan dalam program Slos fashion lab,sebagai bagian dari pameran Fast Fashion, berfokus pada pendekatan yang lebih positif atas topik fashion dan kesinambungan, menggugah pengunjung untuk mengambil langkah nyata yang lebih ekologis dalam berurusan dengan pakaian dan tekstil.

Program ini menghadirkan contoh-contoh praktik lokal, tradisional dan fashion berkesinambungan dari Indonesia yang lebih ramah pada lingkungan maupun manusia yang terlibat. Pengunjung Slow Fashion Lab diundang untuk meraba, melihat dan memahami alternatif ekologis dari fashion instan dan terlibat dalam budaya DIY (Do-It-Yourself).(fag)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *