Headline Pariwisata

Danau Toba Berupaya Menjadi Destinasi Kelas Dunia

JAKARTA, REQNews-Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Sumut  Nurhajizah Marpaung me-Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017, pada Senin malam, 20 Maret 2017.

Peluncuran calendar of event ini sebagai upaya mempromosikan destinasi pariwisata Danau Toba yang ditetapkan pemerintah sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas. Ada sebanyak  15 kegiatan  unggulan selama Mei-Desember 2017, yang berupa festival, pesta budaya, karnaval, pertunjukan musik jazz, serta sport tourism.

Untuk mengejar target 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke destinasi DanauToba  dengan perolehan devisa USD 500 juta pada 2019, Kemenhub akan menyelesaikan proyek infrastruktur Bandara Silangit dan revitalisasi jalur kereta api Medan-Kualanamu- Siantar sekitar September 2017.

Percepatan pembangunan destinasi Danau Toba, kata Menteri Arief, mempunyai peran penting dalam mewujudkan target pariwisata nasional tahun 2019 mendatangkan 20 juta wisman dan 275 juta pergerakan wisnus di Tanah Air. Karena destinasi yang dipersiapkan sebagai geopark dunia ini mentargetkan mendatangkan 1 juta wisman dan 5 juta wisnus pada 2019.

Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung mengatakan, seluruh stakeholder pariwisata di Sumut siap mensukseskan Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia yang akan mendatangkan jutaan wisman dan wisnus sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. “Kegiatan pariwisata Danau Toba ditargetkan pada 2019 akan memberikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 16 triliun serta menciptakan sebanyak 300 ribu lapangan kerja baru. Ini akan meningkat kesejahteraan masyarakat Sumut,” kata Nurhajizah.

Lebih lanjut dia  mengatakan, Launching Calendar of  Event Pariwisata Danau Toba 2017 merupakan bagian upaya promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang memiliki kunggulan dalam daya tarik budaya, alam  dan daya tarik buatan.

Please follow and like us:
25

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *