Headline Hukum

Ahok Divonis 2 Tahun Penjara dan Langsung Ditahan di Rutan Cipinang

JAKARTA, REQNews – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi divonis dua tahun penjara dan diperintahkan ditahan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5).

Vonis ini diluar dugaan banyak pihak. Ia pun terbukti bersalah melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

“Ucapan terdakwa pada pokoknya telah merendahkan dan menistakan agama Islam,” kata Abdul Rosyad. Hakim berpendapat Ahok telah mengetahui Surat Al Maidah ayat 51 adalah bagian dari Al-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam. Hal itu disimpulkan dari buku “Merubah Indonesia” yang dituliskan Ahok.

Dalam buku tersebut, Ahok menulis satu sub judul yang membahas penggunaan Al-Maidah selama kampanye. Dia menulis, oknum politik tertentu berlindung di balik ayat.

Hakim berpendapat, mengajak orang lain untuk memilih seseorang berdasarkan agama dan menggunakan dalil dari kitab suci sebagai landasan tidak melanggar hukum. Hal itu disamakan dengan mengajak orang lain memilih pemimpin berdasar kesamaan ideologi dan kesamaan partai politik.

Selain itu, hakim juga berpendapat, Ahok menyinggung Al-Maidah di Kepulauan Seribu secara sengaja. Pasalnya, dia mengulangi kata-kata itu dalam pidatonya.

“Unsur kedua yaitu dengan sengaja juga telah terpenuhi, oleh karena semua unsur, maka terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama,” imbuh hakim Jupriyadi.

Ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto menegaskan Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan penodaan agama.

“Pidana penjara selama dua tahun, menetapkan agar terdakwa ditahan,” tegas Dwiarso.

Ahok didakwa dengan pasal 156a tentang penodaan agama dengan pasal 156 KUHP sebagai alternatif dan tidak sejalan dengan Jaksa Penuntut Umum.

Terpisah, Wakil Gubernur Jakarta Djarot Sjaiful Hidayat mengaku prihatin atas vonis terhadap Ahok. “Tapi ini kan masih panjang prosesnya. Masih banding,” katanya.

“Ini soal sahabat dengan sahabat. Saya akan selalu solider dan siap melakukan apa yang bisa dilakukan untuk sahabat saya. Sebagaimana Anda akan melakukan yang sama untuk sahabat Anda,” imbuhnya.

Saat berita ini diturunkan Ahok telah resmi masuk Rutan Cipinang. Saat memasuki Rutan Cipinang, ia terlihat tersenyum dan melambaikan tangannya dengan mengacungkan 2 jarinya. (Joh)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *