Headline Pariwisata

Yuk Melihat Cara Membuat Kain Sutra

JAKARTA, REQNew-Rupa dan kilau kain sutra menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak diminati. Tahukah Anda bangaimana kain yang halus tersebut berasal dari cairan yang dikeluarkan mulut ulat sutra?

Bila Anda ingin mengetahuinya, Anda dapat mengunjungi tempat wisata pembuatan kain sutra, ditempat ini berbagai pengetahuan tentang pembuatan kain sutra akan Anda dapatkan.

Berkunjung lah ke Padepokan Dayang Sumbi, tempat wisata ilmu sutera yang terletak di Jalan Arcamanik Sindanglaya km.4, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan, Bandung Timur. Sementara di  Kamboja ada pariwisata Siem Reap, wisata pabrik peternakan sutera.

Ulat sutera yang dikembangbiakan di Padepokan Dayang Sumbi berasal dari ras Jepang.  Di sini Anda akan dijelasan dan dapat bersentuhan langsung dengan ulat sutera   Melihat secara langsung bagaimana Budidaya Ulat Sutera mulai dari penetasan, membuat benang sutera sampai dengan menenun kain sutera dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

Sementara tempat wisata  peternakan sutra di Kamboja, yang terletak sekitar 20 menit dari pusat kota Siem Reap, di tempat wisata sutra ini pertama Anda akan diajak melihat tanaman murbei,  daun murbei digunakan untuk memberi makan cacing sutera. Begitu cacing sutra makan cukup, cacing mulai membuat kepompong, Setelah kepompong berada pada usia yang tepat, mereka dipanen dan dikirim ke pabrik.

Di pabrik, kepompong direbus agar lebih mudah menarik benang sutera. Setiap kepompong sutera bisa menghasilkan benang yang agak panjang. Pada tahap ini, sutra masih sangat kasar dan tebal, tidak seperti yang kita lihat di pasaran, tapi Anda sudah bisa melihat kilaunya.

Begitu sutra mentah terkumpul, tahap selanjutnya adalah mewarnainya dengan berbagai warna. Mereka menggunakan pewarna alami dari tumbuhan-tumbuhan. Pewarna alami untuk benang sutra benang sutera kemudian dicelup secara terpisah, terendam dalam bejana panas.

Ketika sampai pada tahap tenun, peternakan melakukannya secara manual, dan mereka membuat beberapa bahan sutra cantik. Setelah selesai melihat proses pembuatan sutera, Anda akan diajak menuju ke ruang pameran, dan area toko suvenir. Nah di sana Anda bisa berbelanja, baik pakaian, kain maupun sarung bantal dari sutra. (desi)

Please follow and like us:
18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *