HAM Headline Hukum News

Akhir Hidup ‘Marliem’ Pemegang Bukti Kasus KTP Elektronik, Dibunuh?

Sebagai Direktur perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat, Biomorf Lone LLC, Marliem dikenal sebagai sosok yang misterius.
Marliem sendiri merupakan provider produk Automated Finger Print Identification Sistem (AFIS) merek L-1 di proyek e-KTP.  
Dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto menyebut Johannes diduga menikmati duit korupsi e-KTP senilai 14,88 juta dolar AS dan Rp25,24 miliar. Marliem juga tercatat sebagai salah satu dari Tim Fatmawati.Nama Johannes pun sempat disebut dalam persidangan kesembilan kasus korupsi e-KTP, Kamis (13/4/2017). Dalam persidangan itu saksi Tri Sampurno mengungkapkan salah satu pengusaha penyedia barang di proyek tersebut pernah membiayai kepergian dua staf Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Ia bersama dan Husni Fahmi ke Florida, Amerika Serikat untuk mengikuti seminar Biometric Conference dengan biaya dari Johannes Marliem.

Tak hanya itu, dua Staf BPPT itu mendapatkan duit akomodasi senilai 20 ribu dolar AS dari Johannes. Sampurno dan Husni merupakan anggota tim teknis teknologi informasi di proyek e-KTP. Sedangkan dalam surat dakwaan untuk Irman dan Sugiharto menyebut Sampurno dan Husni juga bagian dari Tim Fatmawati.
Tim Fatmawati inilah sebutan bagi mereka yang pernah terlibat pertemuan di Ruko milik salah satu tersangka di kasus ini, Andi Agustinus alias Andi Narogong.Mengutip wawancara Koran Tempo edisi 19 Juli 2017, Johannes mengklaim menyimpan sekira 500 giga byte file rekaman percakapan proyek e-KTP. Termasuk pembicaraannya dengan Setya Novanto.

Johannes sendiri mengaku penyidik KPK meminta keterangannya sebanyak dua kali. Pemeriksaan pertama dilakukan di Singapura pada Februari 2017 dan yang berikutnya di Amerika Serikat pada bulan Juli 2017. Menurut dia, pemeriksaan di Amerika bahkan dihadiri dua pejabat selevel direktur.
Sayangnya, pemilik rekaman percakapan bukti permufakatan jahat tersebut telah tiada. Penyebab kematiannya pun masih misterius hingga saat ini.
Dilansir CBS Los Angeles, ada seorang pria bersenjata yang membarikade dirinya sendiri di dalam sebuah rumah di Beverly Grove.
Please follow and like us:
18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *