Headline News Pariwisata

Mulai Januari 2018 Pendakian Gunung Semeru Tutup Total

JAKARTA, REQNews – Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2018 pendakian Gunung Semeru akan ditutup secara total. Penutupan tersebut tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dalam surat edarannya No. PG.4/T.B/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/122017.

Penutupan jalur pendakian tersebut dimaksudkan untuk pemulihan ekosistem alam di sepanjang jalur pendakian Gunung Semeru dalam upaya menjaga dan melestarikan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan di Gunung Semeru.  Kawasan Gunung Semeru sebelumnya sudah 9 bulan dibuka untuk keiatan pendakian. Selain untuk pemulihan ekosistem, penutupan dilakukan karena pertimbangan cuaca yang sedang tidak bersahabat untuk melakukan pendakian.

“Pembukaan kembali kegiatan pendakian di gunung Semeru akan dilakukan apabila kondisi cuaca sudah bagus dan hasil survey jalur serta pemantauan di lapangan dianggap cukup.” Ujar Kepala Balai Besar TNBTS, Ir. John Kenedie, MM di Kantor Balai Besar TNBTS pada jumpa pers tanggal 20/12/2017.

Penutupan pendakian Gunung Semeru rencananya akan berlangsung selama 3 bulan. Selama penutupan jalur pendakian, Balai Besar TNBTS akan melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana dijalur pendakian. Sejumlah fasilitas akan dibangun dan direnovasi di sepanjang jalur pendakian, mulai dari pos Ranu Pane hingga Kalimati. Fasilitas tersebut diantaranya toilet, shelter, pondok pendaki, papan nama petunjuk jalan dimana kesemua fasilitas tersebut akan mendukung kenyamanan para wisatawan, maupun pendaki.

Balai Besar TNBTS juga akan meningkatkan pembinaan potensi Search And Rescue (SAR) dan kader Konservasi TNBTS serta berkoordinasi dengan stakeholders dari masyarakat desa, tokoh masyarakat, kelompok pecinta alam dan pemerintah daerah. (pspt)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *