Headline Pariwisata Uncategorized

Curug Cipicung, Air Terjun Tersembunyi di Banten

BANTEN, REQNews – Banten memiliki banyak wisata alam yang indah, hanya saja kepopuleran wisata Banten masih kalah dari wisata Bandung ataupun Yogyakarta. Salah satu destinasi wisata alam yang ada di Banten adalah Curug Cipicung.

Curug Cipicung terletak di Desa Sukaresmi, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Tidak ada transportasi umum untuk mencapai lokasi ini. Biasanya pengunjung yang akan berkunjung ke Curug Cipicung menggunakan kendaraan pribadi.

Tim REQuisitoire memulai perjalanan dari Desa Kalawijo, Kecamatan Sajira, Kabupaten Rangkasbitung. Perjalanan dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. Kondisi jalan tidak menentu, kadang kita akan menemukan jalan yang rata, kadang berbatu. Dan pengunjung pun juga akan menemui banyak tanjakan yang cukup curam.

Sekitar satu stengah jam kami sampai di Desa Sukaresmi. Tempat parkir tersedia di rumah warga dengan tarif 2000 rupiah permotornya. Tidak ada petunjuk untuk mencapai Curug Cipicung. Kami memanfaat warga yang kami temui untuk bertanya jalan menuju Curug Cipicung.

Awal perjalanan kami harus melewati persawahan milik warga desa Sukaresmi. Sapaan ramah dari para petani yang kami temui turut membuat perjalanan ini tidak membingungkan. Hamparan sawah yang baru akan ditanami padi menjadi penyejuk kejengkelan hati kami mengingat jalan yang cukup membuat motor kami kelelahan.

Beberapa sungai pun juga harus kami sebrangi. Pengunjung pun harus berhati-hati ketika melewati sungai karena walaupun sungainya tidak dalam, tetapi alirannya cukup membuat kaki harus menopang kekuatannya untuk melewati arus sungai disini. Di ujung persawahan, kami mulai bingung dengan jalan menuju Curug. Pemandangan sawah yang mulai menjadi hutan dengan pepohonan nya yang besar-besar.

Beruntung kami bertemu dengan ibu petani baik hati yang bersedia untuk mengantar kami menuju lokasi curug berada. Jalannya benar-benar membuat kami bingung. Mungkin jika tidak diantar oleh ibu petani ini kami bisa tersesat.

Curug Cipicung memiliki dua air terjun. Air Terjun yang pertama volume aliran airnya tidak terlalu banyak.

Curug yang utama lah yang memiliki volume air yang sangat deras. Setelah berjalan sekitar 15 menit akhirnya kami dapat menemui Curug Utama. Setelah sampai, ibu Petani tersebut berpamitan dan tak luput ucapan terimakasih kami lontarkan untuk di ibu baik hati tersebut.

Curug cipicung aliran airnya berwarna cokelat kehijauan, hal ini dikarenakan diatas curug terdapat sawah, sehingga warna air curug Cipicung tidak berwarna bening. Curug Cipicung mengalir ke Desa-desa sekitaran Kecamatan Sobang. Dan juga menjadi sumber air bagi kehidupan warga Sobang. (pspt)

 

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *