Headline News

Tebing Longsor di Banjarnegara Tutup Akses Jalan Kabupaten

BANJARNEGARA, REQNews – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Banjarnegara Kamis (4/1/2017) menyebabkan tebing setinggi 12 meter di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara longsor. Akibatnya material dari longosran tebing tersebut menutupi akses jalanan Kabupaten.

Pada hari ini, Jumat (5/1/2017), BPBP Banjarnegara, relawan dan warga bergotong royong untuk membersihkan material dari lonsorang. Tetapi akan membutuhkan waktu lama untuk membersihkan material longsoran tersebut.

“Longsor ini menutupi akses jalan di lima desa. Meski tidak sampai terisolir tetapi warga yang biasa melewati jalan ini harus memutar jalan hingga delapan kilometer kalo mau ke Kantor Kecamatan atau pusat Kabupaten.” Ujar salah seorang warga Paweden disela-sela aktivitasnya membersihkan material longsoran.

Kepala BPBD Kabupaten Banjarnegara Arief Rahman mengatakan lebar longsoran sekitar 7 meter. Hal ini terjadi karena hujan intensitas sedang yang mengguyur Kabupaten Banjarnegara terjadi cukup lama.

“Hujan turun pada hari Rabu malam hingga Kamis sore. Dan pada kamis sorenya tebing setinggi 12 meter ini longsor.” Ujarnya.

Arief Rahman juga menghibau warga untuk terus waspada terutama untuk warga yang tinggal di dekat kawasan rawan longsor. Salah satunya ia menghimbau untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi hujan dalam waktu yang lama.

Untuk pembersihan material longsorang tersebut dibutuhkan alat berat untuk mempermudah proses pembersihan. Selain itu dibutuhkan juga mobil truk guna mengangkut material longsor. Karena sangat tidak memungkinkan material longsor untuk dibuang ke perkebunan salak milik warga. (pspt)

Please follow and like us:
9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *