Headline Pariwisata

Gang Cibunut, Kampung Warna-warni di Bandung

BANDUNG, REQNews – Kampung warna-warni kini telah menjadi virus yang menjangkit para wisatawan untuk berkunjung. Kini Kota Bandung juga ada lokasi wisata yang bertemakan kampung warna-warni, letaknya di Gang Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung.

Sejak tahun 2015, para warga di kampung Cibinut bergotong royong untuk membuat kampung ramah lingkungan. Dengan di sponsori oleh sebuah pabrik cat yang memberikan ratusan ratusan kaleng cat untuk rumah-rumah di kampung tersebut. Dan tangan kreatif dari para warganya, kini terciptalah kampung warna-warni nan cantik dan ramah lingkungan.

Sekitar 500 rumah dari 9 RT di Kelurahan Cibunut ini turut melaksanakan program Cibunut berwarna. Warga bergotong royong mengecat rumah dan jalanan dengan warna-warna dan gambar-gambar yang cerah. Program ini turut melibatkan komunitas Mural Bandung.

Adapun dinding-dinding di kampung Cibunut menyajikan gambar dengan berbagai macam pesan moral hingga adanya taman bermain. Tak hanya konsep keramahan design visual pada dinding perumahan, keramah-tamahan warganya juga turut andil untuk menemani masyarakat yang datang berkunjung ke kampung Cibunut. Pengunjung pun juga dapat mencicipi kuliner khas Bandung yang tersedia di warung-warung milik warga.

Untuk kegiatan menjaga lingkungan, salah satu upaya yang dilakukan warga kampung Cibunut adalah pengolahan sampah di 100 ember yang telah disebar dibeberapa titik. Dan setiap dua hari sekali sampah yang telah terkumpul akan direcah dan dimasukan di biodigester untuk menjadi energi terbarukan. Dan hasilnya kini sudah dapat dirasakan oleh warga sebagai bahan bakar di dapur rumah.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung, jangan lupa membawa kamera profesinal maupun smartphone karena disini akan ada banyak spot yang instagramable. (pspt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *