Headline Spotlight

Tips Terhindar Dari Bahaya Saat Terjadi Gempa

JAKARTA, REQNews – Kita semua pastinya kaget dengan gempa berkekuatan 6,1 skala ritcher yang mengguncang Banten dan Jakarta pada Selasa (23/1/2018) siang kemarin kemarin. Gempa ini menyebabkan kerusakan di beberapa lokasi, terutama di Banten.

Berdasarkan Informasi dari BMKG, pusat gempa kemarin siang terletak di Samudera Hindia, sekitar 61 km dari kota Lebak, Banten, dan 43 km dari Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten, di kedalaman 61 km di bawah laut.

Kepala divisi Penanggulangan Bencana PMI pusat, Arifin M. Hadi mengatakan jika melihat begitu banyaknya kejadian gempa, sudah seharusnya semua masyarakat waspada. Tentunya kewaspaan tersebut harus diiringi dengan pengetahuan dan keterampilan saat terjadi bencana gempa.

Untuk itu PMI terus berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kesiap siagaan dini dan penyebarluasan informasi tentang pengetahuan dan keterampilan saat terjadi gempa.

Bencana gempa memang tak dapat dihindari, namun kita dapat menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi. Berikut ada beberapa tips yang perlu dilakukan saat terjadinya gempa, baik ketika anda sedang berada di rumah ataupun kantor bertingkat. Saat terjadi gempa tetaplah tenang, dan lakukan hal berikut:

  1. Jika berada di dalam rumah

Berusahalah menyelamatkan diri dan keluarga. Berlindunglah di bawah meja agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Lindungi kepalamu dengan apa saja, missal bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup.

  1. Jika berada di luar rumah

Merunduk dan lindungilah kepalamu. Lalu jauhilah gedung-gedung bertingkat, atau tiang. Dan larilah ke lapangan terbuka. jangan melakukan tindakan apapun karena biasanya setelah gempa berhenti, suka diikuti dengan gempa susulan.

  1. Jika berada di pusat perbelanjaan atau tempat umum lainnya

Usahakan untuk tetap tenang. Biasanya ketika terjadi goncangan di kerumunan orang, banyak yang panik sehingga keadaan jadi tak terkendali. Tetap ikuti arahan dari petugas keamanan. Jangan gunakan lift ketika terjadi gempa atau kebakaran. Gunakanlah tangga darurat lalu pergi ke tempat terbuka.

  1. Jika berada di dalam kendaraan

Jika saat berada di kendaraan umum, berpeganglah pada tiang di sekitar supaya kamu tidak terjatuh saat terjadi guncangan. Tetaplah tenang dan ikuti arahan dari petugas. Jika berada di kendaraan pribadi berhentilah, lalu cari tempat terbuka.

  1. Jika berada di gunung atau pantai

Gempa di daerah gunung atau perbukitan dapat menyebabkan longsor. Jika kamu berada di daerah pegunungan, pergilah ke tempat yang aman seperti tempat terbuka dan jauh dari daerah lereng. Dan gempa di daerah pantai biasanya dibarengi dengan gelombang tsunami. Oleh karenanya jika terjadi gempa, segera lari ke dataran yang lebih tinggi. (pspt)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *