Budaya Headline

Sukarara, Desa Elok Penghasil Tenun

MATARAM, REQNews – Berjarak hanya 25 Km dari Kota Mataram. Desa Sukarara patut Anda kunjungi. Tak hanya menyajikan pemandangan yang cantik, tapi desa ini pengasil tenun yang indah.

Anda bisa melihat para pengrajin tenun di sini. Hampir di setiap rumah di Desa Sukarara, memiliki alat tenun dan mereka menenun di rumahnya.

Sebagian besar perempuan di Desa Sukarara bekerja sebagai penenun. Sedari kecil sudah diajarkan oleh orang tua, cara menenun dan dilestarikan hingga kini. Sehingga menjadi kekayaan budaya bagi mereka dan tentunya Indonesia.

Meski hanya dengan alat sederhana, jari jemari para perempuan di Desa Sukarara, mampu menghasilkan tenun songket yang sangat indah dan berkualitas tinggi. Memiliki ciri khas tersendiri dalam desain, motif tradisional yang menggambarkan kehidupan nenek moyang seperti rumah adat, lumbung dan motif tokek, itulah di antara motif yang masih mereka pertahakan hingga kini.

Bahan baku yang mereka gunakan adalah benang katun, sutera, sutera emas dan benang sutera perak. Sedangkan bahan pewarna yang digunakan adalah dari bahan pewarna alami seperti warna coklat kemerahan dari pohon mahoni, warna coklat muda dari batang jati, warna coklat tanah dari biji asam, warna coklat tua dari batang pisang busuk, dan warna ungu dari kulit manggis dan anggur.

Setelah puas berkeliling menikmati kesejukan desa dan melihat aktivitas keseharian warga desa, terutama para perempuan penenun, jangan lupa ya, untuk membeli kain songketnya untuk orang-orang tercinta. (dnls)

Please follow and like us:
24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *