Headline News

Sidang Lanjutan Setnov, Jaksa Hadirkan Lima Orang Saksi

JAKARTA, REQNews- Sidang lanjutan perkara korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (1/2/2018). Agenda sidang kali ini adalah pemeriksaan saksi dari jaksa penuntut umum.

Jaksa Penuntut Umum menghadirkan lima orang saksi dalam sidang korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta. Kelima saksi tersebut yakni pengacara Hotma Sitompul, mantan anggota DPR Chaeruman Harahap, pegawai Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Setya Budi Arijanta, pegawai Ditjen Dukcapil Kemdagri Fajar Kurniawan, dan mantan karyawan toko jam Maritha.

Para saksi tersebut sebelumnya pernah dihadirkan dalam sidang terdakwa e-KTP lainnya. Dalam persidangan terdahulu Hotma mengaku pernah bertemu Setnov membahas permasalahan proyek e-KTP di Grand Hyatt Jakarta.

Pertemuan itu berawal dari permasalahan pengusaha Paulus Tannos yang mengeluhkan konflik dalam proses tender e-KTP kepada Hotma. Pengacara senior itu kemudian mengadukan kepada Setnov.

Seperti diketahui, Setya Novanto didakwa secara bersama-sama melakukan perbuatan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan ‎kerugian negara sekira Rp2,3 triliun dalam proyek pengadaan e-KTP, tahun anggaran 2011-2013.

Setya Novanto selaku mantan Ketua fraksi Golkar diduga mempunyai pengaruh penting untuk meloloskan anggaran proyek e-KTP yang sedang dibahas dan digodok di Komisi II DPR RI pada tahun anggaran 2011-2012.

Atas perbuatannya, Setya Novanto didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *