Headline Hukum News

KPK Tetapkan Bupati Jambi Sebagai Tersangka Terkait Kasus RAPBD

JAKARTA, REQNews- Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola Zulkilfi sebagai tersangka suap terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi. Pengumuman penetapan tersangka terhadap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu disampaikan Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

“KPK menetapkan dua tersangka baru, yaitu Zumi Zola (ZZ), Gubenur Jambi 2016-2021; Kemudian ARN, Kepala Dinas Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jambi,” kata Basaria, Jumat.

Perkara yang melibatkan Zumi Zola merupakan pengembangan perkara kasus suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Jambi 2018. Zumi ditetapkan sebagai tersangka bersama Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Arfan yang sudah berstatus sebagai tersangka dalam yang sama.

Sebelumnya, Penyidik KPK melakukan pengeledahan di tiga tempat terkait kasus dugaan suap terkait pembahasan APBD 2018 Provinsi Jambi pada Kamis (30/11/2017) siang.

Lokasi pertama yang digeledah yakni Kantor Dinas Pekerjaan Umum, perumahan Rakyat Provinsi Jambi dan kediaman tersangka Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik yang sebelumnya juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam OTT itu KPK menahan 16 orang, dan menyita uang sebesar Rp 4,7 miliar. KPK menduga ada uang Rp 1,3 miliar yang sudah diberikan kepada anggota DPRD lainnya.

Atas perbuatanya, ketiga tersangka dijerat Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001, joPasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP. (Ran)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *