Headline News

LPSK: Awal Tahun Sudah 98 Orang Menjadi Korban Pelecehan Seksual

JAKARTA, REQNews – Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK)  mencatat pada bulan Januari 2018 setidaknya sudah 98 orang menjadi korban kekerasan seksual,  dimana 88 diantaranya masih berusia anak. Jumlah tersebut masih mungkin bertambah jika melihat kemungkinan adanya tindakan kekerasan seksual yang tidak dilaporkan.

Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai, menjelaskan, dari data LPSK terhadap kekerasan seksual hingga Februari 2018, jumlahnya diyakini jauh lebih besar karena tidak semua masyarakat mau melaporkan kasus kekerasan seksual.

“Ini menunjukkan jumlah yang cukup tinggi. Bahkan jika dirata-rata, bisa tiga orang lebih menjadi korban kekerasan seksual setiap harinya,” jelas Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai, Kamis (1/2/2018) di Jakarta.

Dari hasil temuan tim LPSK yang turun ke lapangan menemui para korban kekerasan seksual,  bahwa rata-rata para korban merasakan rasa takut,  trauma,  hingga tidak mendapat dukungan dari lingkungan sekitar baik keluarga maupun pihak sekolah.

Bahkan pada beberapa kasus ada upaya dari keluarga maupun sekolah untuk menutupi kasus yang menimpa anak mereka.

“Hal ini tentunya selain menyebabkan tindak pidana sulit terungkap,  juga akan semakin memojokkan posisi korban” lanjut Haris.

LPSK berharap adanya itikad baik penyidik dan dukungan dari masyarakat,  sehingga selain bisa membantu mengungkap tindak pidana,  juga bisa memberikan dukungan kepada korban agar bisa melalui pasca trauma .

“Hal seperti ini penting agar korban tidak menjadi korban untuk kesekian kalinya baik dari pandangan masyarakat maupun menjadi korban dari proses peradilan yang dijalaninya,” tambah Semendawai. (Ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *