HAM Headline

Petinggi HAM PBB Diharapkan Desak Pemerintah Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

JAKARTA, REQNews – Pertemuan Komisioner Tinggi HAM PBB Zeid Ra’ad Al Husein dengan pemerintah Indonesia hari ini tadinya diharapkan dapat mendesak pemerintah untuk menyelesaikan kasus HAM masa lalu.

Namun, Aktivis Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Fatia Maulidiyanti, menilai Zeid tak menunjukkan sikap tegas soal kasus HAM masa lalu di Indonesia.

“Ironisnya tidak ada pernyataan tegas Zeid tentang HAM di Indonesia. Zeid masih main aman,” kata Fatia pada saat jumpa pers di Kantor KontraS Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Sebelumnya masyarakat sipil, korban, dan organisasi HAM lainnya, telah melakukan pertemuan dengan Zeid di Kantor Komnas HAM. Dari pertemuan itu, sepertinya Zeid akan membawa masalah impunitas terhadap para pelanggar HAM masa lalu dalam pertemuan dengan pemerintah pada hari ini.

KontraS menilai impunitas masih terus berlanjut, mengingat para terduga pelaku yang melakukan pelanggaran HAM masa lalu, duduk di pemerintahan.

Bahkan hampir 20 tahun pasca reformasi, KontraS melihat Indonesia masih punya banyak PR soal pelanggaran HAM yang belum terselesaikan. Salah satunya, soal kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir. (dnls)

Please follow and like us:
24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *