Headline Pariwisata

Ada Bunga Bangkai Raksasa di Taman Hutan Raya Djuanda

BANDUNG, REQNews – Sekuntum bunga bangkai raksasa telah mekar di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. Djuanda, dago Pakar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bunga bangkai berjenis Amorphophallus Titanum ini tumbuh sejak Desember 2017.

Bunga yang sedang mekar ini dipagari dengan pagar besi karena dikhawatirkan tanaman tersebut rusak oleh ulah usil pengunjung. Bunga bangkai ini tumbuh di lokasi taman kelinci yang berada di Tahura.

Bunga bangkai tersebut belum mekar sempurna. Tercium aroma tak sedap yang dikeluarkan oleh bunga bangkai ini, dan juga banyaknya lalat dan lebah yang hinggap di bunga bangkai tersebut.

Bunga bangkai yang memiliki ketinggian sekitar 140 CM tersebut sengaja ditanam untuk menambah koleksi flora yang ada di Tahura.

“bunga bangkai ini hasil dari eksplorasi Cagar Alam Pananjung (Bengkulu) di tahun 2006. Pertama ditanam, umbinya ada empat. Lalu ertama kalinya tumbuh di Agustus tahun 2010. Jadi iniyang kedua kalinya.” Tutur Staf Konservasi Tahura, Ganjar Mulyana.

Ganjar mengungkapkan bahwa bunga bangkai tersebut dapat tumbuh mekar jika umbi yang ada di dalam bunga tersebut tercukupi asupan makanannya.

“Untuk dapat tumbuh seperti ini, dibutuhkan waktu sekitar 3,5-7 tahun lebih. Karena ini bunga raksasa, maka dalam prosesnya menjadi bunga ketika makanan di dalam umbinya cukup.prosesnya pun memerlukan waktu yang panjang, dan ada masa dorman (mati suri) nya terlebih dahulu sampai umbinya cukup makanan dan akan tumbuh menjadi bunga seperti ini.” Ujarnya.

Pak Ganjar juga menuturkan jika bunga bangkai yang ini ukurannya lebih besar ketimbang bunga bangkai yang pernah tumbuh di Tahura sebelumnya. Bahkan di lokasi lain pernah ada bunga bangkai yang tumbuhnya hingga mencapai 3 meter.

“Kemarin malam sudah mekar. Kemungkinan mekarnya tidak akan sempurna karena faktor alam yaitu angin yang cukup besar. Semalam sudah mekar, tapi mengkerut lagi karena angin.” Tuturnya.

Pak Ganjar berpendapat jika bunga bangkai di Tahura ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Tahura. Selain itu, tumbuhnya bunga bangkai bernama latin Amorphophallus Titanum ini dapat menjadi sarana edukasi bagi para pengunjung, khususnya pelajar.

“Bunga bangkai ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengnjung Tahura.” Tambahnya. (pspt)

Please follow and like us:
14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *