Headline Pariwisata

Anda Penyuka Anjing? Harus Datang ke Museum Ini

INGGRIS, REQNews – Anda penyuka Anjing? Bila ke Inggris singgahlah ke Dog Collar Museum, agar wawasan anda bertambah mengenai aksesoris anjing. Di museum ini dipamerkan berbagai kerah anjing yang terdiri dari lima abad.

Zaman dahulu kebanyakan anjing menggunakan penutup leher atau kerah, selain sebagai aksesoris dan identitas, juga pengaman bagi si anjing. Karena zaman dahulu, banyak predator yang suka menggigit leher anjing, jadi tidak heran bila kerah anjing terbuat dari bahan – bahan yang keras seperti emas dan perak.

Tapi kini, leher anjing kebanyakan hanya diberi kalung atau kerah sebagai identitas anjing dan pemiliknya. Bila sekarang kerah anjing biasanya adalah potongan sederhana dari nilon kokoh yang fleksibel dengan berbagai warna dan desain. Namun, di Dog Collar Museum, Anda disuguhi koleksi unik terdiri dari hampir 130 kerah yang dikumpulkan oleh sarjana abad pertengahan Irlandia John Hunt dan istrinya, Gertrude. Diperpanjang oleh Leeds Castle Foundation, koleksinya memiliki potongan yang mencakup sejarah dari zaman abad pertengahan hingga zaman Victoria.

Pada abad ke 15, 16, dan 17, di mana pada saat itu hutan di Eropa penuh dengan predator yang senang merobek tenggorokan anjing. Para pemburu yang memasuki wilayah tersebut melindungi anjing mereka, dengan kerah tebal yang ditutupi duri. Lalu, pada abad ke-18, ketika mereka menjadi lebih dekoratif, kerah anjing dibuat dari kulit dihiasi dengan logam dan dilapisi beludru.

Koleksi paling awal, berasal dari abad ke 15 dan merupakan kerah besi Spanyol, yang dipakai untuk perlindungan terhadap serigala dan beruang di seluruh Eropa pada saat itu. Kerah hitam lainnya terbuat dari kerah besi Jerman abad keenam belas, sampai kerah perak abad kesembilan belas dan contoh abad ke-20 yang dibuat dari ban, manik-manik dan plastik.

Museum ini dalam setahun dikunjungi oleh lebih dari 500.000 pecinta anjing, baik lokal maupun luar negeri. Museum ini terletak di Kastil Leeds, didirikan pada tahun 1977, sejak Nyonya Gertrude Hunt menyerahkan koleksi kerah anjing ke Leeds Castle Foundation untuk mengenang suaminya, sejarawan John Hunt. Mr dan Mrs Hunt. Mereka adalah kolektor yang rajin mengumpulkan banyak koleksi seni dan barang antik.

Sumbangannya terdiri dari lebih dari 60 kerah dari seluruh pelosok Eropa, berasal dari abad 16 sampai abad ke-19. Sejak itu, koleksi museum ini terus bertambah yang diperoleh dengan membeli dan sumbangan dari masyarakat. (dnls)

Please follow and like us:
11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *