Headline News

Irvan Bersumpah Tidak Pernah Memberi Uang Pada Setnov

JAKARTA, REQNews- Dalam sidang korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (5/3/2018) kemarin. Keponakan terdakwa korupsi proyek e-KTP Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo bersumpah tak pernah memberikan uang kepada Setnov. Hal ini diungkapkan Irvanto saat dikonfirmasi Setnov.

“Di sini saya terangkan, sungguh tidak pernah berikan kepada om saya dalam bentuk apapun dan berupa apapun untuk proyek apapun,” jelas Irvanto dalam kesaksiannya.

Setnov kembali menanyakan tudingan pemberian uang kepada dirinya. Mantan Ketua DPR itu mengklaim siap mengganti jika terbukti menerima uang dari Irvanto.

Dalam dakwaan, Setnov disebut menerima uang proyek e-KTP sebesar US$3,5 juta melalui Irvanto. Pengusaha tempat penukaran uang (money changer) Riswan alias Iwan Barala saat persidangan juga mengaku pernah diminta Irvanto menarik sejumlah uang dollar dari Amerika Serikat. Belakangan diketahui uang itu berasal dari perusahaan Biomorf Mauritius milik Johannes Marliem.

Irvanto telah ditetapkan sebagai tersangka bersama rekan Setnov, Made Oka Masagung. Irvanto sejak awal diduga mengikuti proyek e-KTP dengan perusahaannya PT Murakabi Sejahtera dan ikut dalam tim Fatmawati yang disebut merekayasa tender proyek e-KTP

Irvanto disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *