HAM Headline News

Komnas HAM Kunjungi KPK Guna Mengatasi Krisis Informasi

JAKARTA, REQNews-   Dalam keterangan yang dilansir dari situs resmi Komnas HAM Selasa (6/3/3018) menjelaskan bahwa Komnas HAM melakukan kunjungan ke Komisi Pemberatasan Korupsi  (KPK) khususnya pada Bagian Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) guna berdiskusi dan mempelajari pengelolaan dan pelayanan informasi yang dilaksanakan oleh KPK. Senin (5/3/2018).

Dalam kunjungan itu, tim Komnas HAM yang dipimpin oleh Plt. Kabag Penyuluhan Mimin Dwi Hartono disambut oleh Kepala Bagian  PIKP Yuyuk Andriati dan didampingi oleh Ita Khoiriyah dan Lutfi Avianto selaku staf.

Mimin menyampaikan “Komnas HAM ingin belajar dari KPK sebagai salah satu PPID terbaik, dalam proses pengembangan dan pengelolaan PPID yang menjadi kanal bagi penyampaikan informasi ke publik sebagaimana diatur didalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik.” Jelas Mimin di Gedung KPK Jakarta Senin (5/3/2018).

Sebagaimana diketahui pada 2016, KPK berada di peringkat pertama keterbukaan informasi publik, sebelumnya pada 2014 di urutan 6 dan 2015 di urutan 5.

Yuyuk mengatakan, pengelolaan pelayanan  informasi KPK diserahkan ke bagian Biro Humas sebagai PPID. Untuk mengkoordinasikan pendokumentasi informasi, setiap unit kerja di KPK ditunjuk seorang staf pelaksana informasi yang berfungsi untuk memberikan data dan informasi ke PPID.

PIC penyedia informasi yang terdiri dari 28 unit kerja, menyampaikan data/informasi melalui aplikasi Manajemen Alow. Selain memakai cara yang konvensional yaitu menyediakan informasi di web, KPK juga memanfaatkan media sosial seperti twitter dan e-newsletter untuk sebagai media penyampaian informasi yang lebih mengena pada generasi milenial.

Hal ini sebagai upaya untuk mengatasi krisis informasi di masyarakat yang seringkali dimanfaatkan oleh pihak lain untuk menyebarkan hoax.

KPK juga sedang mengembankan bentuk media lain sebagai cara yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, yaitu dalam bentuk komik dan infografis. “Contohnya, laporan pertanggungjawaban Biro Humas akan kami sampaikan dalam bentuk komik, saat ini sedang dalam proses pengembangan,” ujar Yuyuk.

Dalam kunjungan ini, turut menyertai pula Ernawati selaku Kasubag Hukum, Ruhaida Ivasari selaku staf Subbag Hukum dan Martin selaku staff TI. (Ran)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *