Headline News

Dalam Rangka Memperingati Nyepi, Kawasan Gunung Bromo Tutup Sementara

MALANG, REQNews – balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengumumkan akan menutup sementara kawasan wisata Gunung Bromo dalam memperingati hari raya Nyepi. Penetupan tersebut dilakukan pada tangal 17-18 maret 2018.

Pengumuman tersebut tertera pada surat edaran yang dikeluarkan oleh BBTNBTS nomor: PG.01.T.8/BIDTEK.1/KSA/3/2018. Memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indoneia Kabupaten Probolinggo nomor:238/REKOM/PHDI-KAB/XI/2017 dan berdasarkan Sabha Pandita Paruman Dukun andita Kawasan Tengger nomor: 09/REKOM/PDP-TENGGER/XI/2017.

Penutupan dilakukan di berbagai jalur wisata. Di jalur arah Probolinggo, ditutup di Desa Ngadas Kecamatan Sukapura. Dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari dan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Penutupan ini dilakukan guna menghormati para pemeluk agama Hindu yang sedang merayakan hari raya nyepi di sekitar kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru supaya ibadah mereka dapat terlaksana dengan khusyuk.

“Ini sudah menjadi kepuusan yang disepakati bersama, dan permintaan para dukun Tengger. Adi harus kami hormati,” kata Sarif, di Malang, Jawa Timur.

Sarif juga menegaskan jika penutupan kawasan wisata ini hanya dilakukan sementara. Setelah tanggal 18 Maret 2018 nanti, kawasan wisata Gunung Bromo akan dibuka kembali. (pspt)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *