Headline News

Sudan, Spesies Badak Putih Utara Jantan Terakhir Mati

KENYA, REQNews – Sudan, badak putih utara jantan terakhir telah mati. Badak putih tersebut mati di usia 45 tahun. Kematiannya tersebut telah dipastikan punahnya spesies badak putih utara jantan.

Sebelum kematiannya, kondisi kesehatan sudan memburuk. Beberapa hari terakhir ia sakit-sakitan. Hal tersebut dikarenakan faktor usianya yang sudah tua dan juga terserang infeksi.

Dilansir dari Pres TV, dalam 24 jam terakhir kondisi Sudan memburuk. Melalui degenerasi otot dan kekuatan tulang sehingga ia tidak dapat berdiri. Dan pada akhirnya tim dokter memutuskan unuk menyuntik mati Sudan.

Sebelum kematianya, Sudan berada dan dirawat oleh lembaga Konservasi Ol Peteja, Kenya. Selama di sana, keberadaannya dijaga oleh petugas bersenjata.

“Kami berharap dunia belajar dari kepergian Sudan dan member perhatian khusus untuk mengakhiri perdagangan cula badak,” ungkap CEO WildAid, Pete Knights.

Sudan mengalami infeksi sejak tahun lalu. Tetapi, dia sempat sembuh pada januari 2018 dan sempat dilepaskan untuk mencari rumpu sendiri. Namun, tim ahli kembali menemukan infeksi di tubuh sudan pada Februari 2018.

Dengan demikian, kini jumlah badak putih utara hanya tersisa 2 spesias yang keduanya berjenis kelamin betina. Kedua badak putih betina tersbut bernama Najin dan Fatu.

Di tahun 2017, Sudan pernah di daftarkan di aplikasi kencan tinder dengan tujuan untuk mengumpulkan uang untuk perawatan kesuburan yang bernilai 9 juta dolar AS, karena upaya yang telah dilakukan untuk mengawinkan badak putih utara tersebut secara alami telah gagal. (pspt)

Please follow and like us:
18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *