Headline News

SBY Angkat Bicara Soal Perseteruan Amien Rais dan Luhut Binsar

JAKARTA, REQNews- Polemik antara mantan Ketua MPR Amien Rais dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan semakin menjadi sorotan publik. Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ikut mengomentari kejadian tersebut. Pasalnya SBY Amien dan Luhut adalah sabahatnya.

SBY dalam keterangan tertulis yang dikirim juru bicara Partai Demokrat Imelada Sari, Rabu (21/3/2018) mengatakan “Kedua-duanya ini adalah sahabat saya. Saya berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan baik. Kritik kepada pemerintah boleh saja, asal tidak fitnah. Pemerintah juga jangan cepat marah kalau ada kritik dari rakyatnya,” jelas SBY melalui keterangan tertulisnya.

SBY menambahkan bahwa pemerintah tak boleh anti-kritik, apalagi jika kritik itu didukung data yang konkrit. Menurutnya masyarakat berhak mengkritik pemerintah jika dianggap belum menjalankan tugas dengan benar.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Demokrat ini juga berharap Amien lebih bijak dalam menyampaikan kritik agar tidak menimbulkan kegaduhan. Selain itu, SBY pun meminta pemerintah mengurangi penyampaian pernyataan publik yang bernada ancaman. Dia menegaskan, kekuasaan bukan untuk menakut-nakuti, tetapi untuk melindungi dan mengayomi.

“Pemerintah tak perlu arogan dalam menanggapi kritik. Negeri ini dibangun bukan untuk menjadi negara kekuasaan. Karena itu kedaulatan berada di tangan rakyat. Tapi rakyat juga tak boleh absolut,” jelasnya.

Amien sebelumnya menyebut program bagi-bagi sertifikat tanah yang dilakukan Presiden Joko Widodo sebagai suatu pembohongan. Dia juga menyinggung kelompok yang dianggap menguasai tanah di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Luhut meminta Amien Rais tak asal bicara atau asal bunyi (asbun) karena menuding Presiden Jokowi mengibuli masyarakat terkait program pembagian sertifikat tanah.

Luhut menegaskan saat ini pemerintahan Jokowi tengah menyelesaikan program yang belum selesai. Dia meminta semua pihak bersabar dan tidak terburu memberikan penilaian negatif. (Ran)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *