Headline Hukum News

Zumi Zola Kembali Diperiksa KPK Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi

JAKARTA, REQNews-  Penyidik KPK kembali memanggil Gubernur Jambi Zumi Zola. Kali ini Zumi Zola dipanggil sebagai tersangka penerima gratifikasi. Kabar ini di sampaikan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

“Hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap ZZ (Zumi Zola) sebagai tersangka,” jelas Febri kepada wartawan, Senin (2/4/2018).

Sebelumnya Gubenur Jambi Preode 2016-2021 ini sudah pernah diperiksa sebagai tersangka pada Kamis (15/2/2018), namun KPK belum melakukan penahanan.

Diduga Zumi menerima gratifikasi bersama-sama dengan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi nonaktif Arfan. Sedangkan, Arfan telah dijerat KPK melalui operasi tangkap tangan (OTT) bersama-sama Plt Sekda Provinsi Jambi nonaktif Erwan Malik, Asisten Daerah III Provinsi Jambi nonaktif Saifudin, serta seorang anggota DPRD Supriono.

Dalam hasil OTT Penyidik mengamankan uang sebesar Rp. 4.7 miliar dari jumlah yang seharusnya 6 miliar. Uang tersebut dimaksudkan untuk anggota DPRD Provinsi Jambi menghadiri rapat pengesahan APBD Jambi 2018 agar berjalan mulus.

KPK mendunga ada irisan uang yang diterima Zumi dan Arfan dari uang tersebut. KPK juga tengah membuktikan keterlibatan Zumi dalam pemberian suap.

Zumi Zola disangkaakan melanggarkan Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001, jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP. (Ran)

Please follow and like us:
14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *