Headline Pariwisata

Sungai yang Instagramable Ada di Bandung

BANDUNG, REQNews – Bandung sudah sangat terkenal akan tempat-tempatnya yang hits. Ada satu lagi tempat wisata yang instagramable nih, yaitu Teras Cikapundung. Nama Cikapundung Sendiri diambil dari nama sungai yang mengalir di kawasan wisata ini.

Sebelum di restorasi, sungai Cikapundung merupakan kawasan kumuh dan kotor. Selain itu di bantarannya banyak terdapat bangunan liar yang berdiri di tanah milik Negara selama bertahun-tahun.

Namun kini kawasan Cikapundung sudah disulap menjadi ruang terbuka umum dengan konsep urban dan ekologi. Teras Cikapundung terletak di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi.

Revitalisasi sungai Cikapundung berlagsung sejak tahun 2013-2015, dengan berbagai hambatan yang dihadapi. Terutama hambatan dalam merelokasi masyarakat yang tinggal di bangunan liar bantaran sungai Cikapundung.

Teras Cikapundung diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil pada tanggal 30 Januari 2016. Kawasan di Teras Cikapundung terbilang unik. Fasilitas disini juga bisa dinikmati oleh pengunjung secara gratis.

Terdapat amphitheater untuk pertunjukan seni yang sewaktu-waktu diadakan di sini. Terdapat juga jembatan merah yang melintas di atas sungai. Jembatan ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk berselfie ria.

Bagi kamu yang sedang pegal-pegal, terdapat pula kolam theraphy ikan yang dikenai biaya Rp 10.000 untuk sensasi merasakan digigit oleh ikan-ikan kecil. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri sungai Cikapundung dengan menggunakan perahu karet yang harga tiketnya hanya Rp 10.000.

Jika datang pada malam hari, pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan air mancur menari. Pertunjukan air mancur tersebut dimulainya selepas waktu isya.

Untuk fasilitas lainnya, teras Cikapundung menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti toilet dan musholla yang cukup nyaman.

Untuk perawatan Teras Cikapundung ditangani langsung oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citarum yang berada di bawan kementerian Pekerjaan Umum.

Sementara untuk kegiatan operasional dan pengelolaan kawasan seperti kebersihan, parkir dan perawatan taman dilakukan dengan memberdayakan masyarakat sekitar yang bernaung dibawah Komunita Cikapundung.

Teras Cikapundung Buka pada hari senin- kamis pukul 10.00 – 20.00 WIB. Pada hari Jum’at tutup. Buka kembali di hari Sabtu-Minggu pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *