HAM Headline News

HAM Angkat Bicara Terkait Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan di Maluku

JAKARTA, REQNews- Komnas HAM angkat bicara terkait pemukulan dan intimidasi yang diduga dilakukan calon Gubernur Maluku sdr. Said Assagaff terhadap Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Kota Ambon pada hari Kamis, (29/3/2018).

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIT di Warung Kopi Lela, Jl. Sam Ratulangi, Kel Honipopu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

Menurut Komnas HAM ini adalah bagian dari ancaman terhadap wartawan, apabila terindikasi adanya diintimidasi dan pemukulan yang dilakukan saat melaksanakan tugas. Kekerasan semacam itu tentu sangat mengganggu wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Dalam keterangan tertulis HAM di jelaskan jika perlakuan  tersebut berimplikasi terhadap terjadinya pelanggaran Hak Asasi

“Indonesia sebagai Negara demokrasi menjamin kemerdekaan pers. Pasal 4 UU No 4 Tahun 1999 tentang Pers menegaskan kemerdekaan pers dijamin sebagai Hak Asasi Manusia.” Jelas HAM dalam keterangan tertulisnya Kamis (12/4/2018).

Lebih lanjut, UU tentang Pers hanya menjamin wartawan terbebas dari berbagai kasus kekerasan selama yang bersangkutan melaksanakan tugas jurnalistik. Di luar tugas, wartawan dinilai sama dengan warga negara lainnya. Namun, bukan berarti wartawan saat tidak bertugas dapat diperlakukan semena-mena.

Atas dasar tersebut dan mengingat pekerjaan jurnalis sangat penting bagi Demokrasi HAM RI Perwakilan Maluku mendesak sepenuhnya pihak Kepolisian Daerah Maluku guna mengusut tuntas semua pihak yang terlibat dalam peristiwa ini dengan mengedepankan profesionalisme dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam proes penyelidikan atas kasus ini. (Ran)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *