Headline News

DPR: KPK Tidak Mampu Ungkap Kasus Bank Century, Serahkan Saja ke Polisi atau Jaksa

JAKARTA, REQNews- Komisi Pemberantrasan Korupsi (KPK) menyatakan mereka tetap menyidik kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) terhada Bank Century. Namun, langkah lanjutan itu bakal dibicarakan terlebih dulu di tingkat pimpinan bersama penyidik dan penuntut.

“Kemudian bagaimana kelanjutannya, nanti kami akan bahas di tingkat pimpinan dan tentunya juga bersama penyidik dan penuntut,” jelas Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, di gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/42018).

Hal ini disampaikan Saut mengatakan hal itu menanggapi putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengabulkan gugatan praperadilan diajukan Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), yang meminta KPK melanjutkan penyidikan kasus itu.

Sementara, anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu menilai, jika KPK tidak mampu mengungkap kasus Bank Century, lebih baik kasusnya dilimpahkan kepada Kepolisian atau Kejaksaan, agar kasus tersebut bisa cepat terselesaikan. mengingat kasus Bank Century yang ditangani oleh KPK sudah lama tidak terselesaikan.

Masinton mengatakan “Komisi III sudah berkali-kali memanggil KPK dan menayakan kasus ini, tetapi jawaban KPK ini selalu tidak jelas,” ungkapnya di Komplek Parlemen DPR, Senayan, Jakarta (12/4/2018).

Politisi PDI Perjuangan itu berpendapat kasus korupsi bukan hanya menjadi kewenangan KPK, tetapi Kepolisian dan Kejaksaan juga mempunyai kewenangan untuk menghentikan perkara. Masinton juga menilai KPK selalu menunda-nunda dan setiap orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tetapi tidak ditahan.

“Tidak ada kejelasan dari KPK orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tetapi sampai sekarang tidak jelas statusnya dan tidak ada upaya untuk proses pengadilan yang cepat, KPK seharusnya malu karena sampai pengadilan turun tangan untuk meneruskan kasus tersebut,” tandas politisi dapil DKI Jakarta itu.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi XI DPR RI Muhammad Misbakhun menyampaikan KPK harus menunjukkan keberanian dan keinginan yang kuat untuk mengungkapkan kasus Bank Century.

“KPK ini kalo ditanya wartawan selalu menjawab akan kita pelajari, sama seperti juru bicara KPK. Kalau ditanya itu, selalu sama. Ini sebetulnya lembaga penindakan hukum atau lembaga mempelajari hasil putusan hukum. KPK harus mempunyai keberanian, kalau tidak punya, minimal punya keinginan. Kalau tidak juga bisa bahaya,” imbuh politisi Partai Golkar itu. (Ran)

Please follow and like us:
14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *