Headline Hukum

Yusril: Ada Kesalahan Fakta KPK Terkait Syafruddin Temenggung

JAKARTA, REQNews – Yusril Ihza Mahendra, kuasa hukum dari Syafruddin Arsyad Temenggung, mantan Ketua BPPN, mengatakan ada kesalahan fakta yang dimiliki KPK terkait kliennya.

“KPK menjatuhkan kesalahan ke pihak sebenarnya tidak terlibat di kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI),” ujar Yusril di gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Namun, Yusril tidak mau membeberkan siapa yang seharusnya ditetapkan sebagai tersangka. Hari ini KPK resmi melimpahkan proses penyidikan ke tahap penuntutan terhadap Syafruddin yang sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak April 2017.

Yusril mengatakan Syafruddin saat itu hanya menjalankan keputusan yang dibuat Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK). Karena Sjamsul Nursalim telah memenuhi pelunasan, maka kliennya menerbitkan SKL BLBI dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada waktu itu,

Syafruddin disangka atas penerbitan SKL BLBI untuk Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) milik Sjamsul Nursalim. Atas perbuatannya, Syafruddin disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (dnls)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *