HAM Headline News

Gelar Lokakarya, Komnas HAM Harapkan Peran Pemerintah dalam Penegakan HAM

JAKARTA, REQNews- Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) menyelenggarakan Lokakarya dan Pelatihan Kabupaten/Kota HAM di Rama Beach Resort dan Villas Bali pada 2-4 Mei 2018. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan INFID. Peserta berasal dari kurang lebih 15 kabupaten/kota di Indonesia yang terdiri dari unsur pemerintah daerah dan CSO.

Dalam pembukaan lokalatih, Sugeng Bahagijo, Direktur Eksekutif INFID mengharapkan dengan adanya Lokakarya ini pemerintah mampu menyusun program kerja serta memfasilitasi  aktivitas-aktifitas membela HAM.

“kami mengharapkan agar melalui pelatihan Kab/Kota HAM ini pemerintah daerah mau dan mampu menyusun program kerja  prioritas yang melayani dan memfasilitasi anak muda dalam aktivitas-aktifitas merealisasikan, mewujudkan, membela dan menikmati HAM” Jelas Sugeng dalam sambutannya.

Sedangkan, Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik menambahkan, “Pemerintah Daerah mempunyai peran penting dalam pemenuhan, perlindungan, dan penghormatan HAM. Harapan Komnas HAM selepas lokalatih ini semakin banyak pemerintah daerah yang mengarusutamakan HAM dalam pembangunan daerah” Ucap Ahmad.

Bersama dengan INFID, Komnas HAM telah melakukan banyak kegiatan terkait Kabupaten/Kota HAM baik di level nasional maupun internasional. Mulai tahun 2015 menyelenggarakan Konferensi Nasional Kabupaten/ Kota HAM bertema “Mempromosikan Pelaksanaan HAM oleh Pemerintah Daerah” sampai pada advokasi kabupaten/kota HAM di sidang tinggi PBB. Tahun ini, Komnas HAM bersama INFID akan menyelenggarakan Lokalatih Kabupaten/Kota HAM.

Turut hadir dalam lokalatih ini, Ketua Komnas HAM RI dan Direktur Eksekutif INFID, Dirjen HAM Kementerian Hukum dan HAM, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Direktur Eksekutif AJAR, dan akademisi dari Universitas Jember. (Ran)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *