Headline Pariwisata

Gunung Merapi Erupsi, Wisata Pendakian di Kawasan TNGM Ditutup

SLEMAN, REQNews – Gunung Merapi mengalami erupsi freatik pagi ini sekitar pukul 07.32 WIB, asap membumbung tinggi dari puncak gunung, menyebabkan wisata pendakian di Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Ditutup.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, hingga saat ini, status Gunung Merapi masih tetap normal atau Level I dengan radius berbahaya 3 kilometer dari puncak kawah.

“Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung api aktif,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan tertulisnya Jumat (11/5/2018).

Sutopo juga mengimbau para pendaki Gunung Merapi agar mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah, ada sekitar 120 orang yang mendaki dan kondisinya semua selamat.

Sementara itu, TNGM menutup kegiatan pendakian gunung pasca-erupsi Gunung Merapi pada  hari ini sampai informasi kondisi terbaru tentang Gunung Merapi.

Semua pintu masuk terkait wisata termasuk pendakian di kawasan TNGM ditutup. TNGM akan memantau kondisi wisatawan atau pendaki yang menggunakan wisata di kawasan TNGM dan mensterilkan area puncak Gunung Merapi dari pendakian. (dnls)

Please follow and like us:
17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *