Headline News

KPAI Siap Memberikan Edukasi Anak Pelaku Teroris Tentang Nasionalime dan Kebhinekaan

JAKARTA, REQNews – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KAPI) menyatakan akan memberikan rehabilitasi anak terduga teroris yang selamat. KPAI juga mengatakan siap memberikan edukasi tentang kebhinekaan dan Nasionalisme.

Dilansir dari deik.com, KPAI akan mendampingi anak terduga teroris tersebut supaya mereka memahami makna Nasionalisme dan kebhinekaan. Edukasi itu dinilai dapat mencegah aksi terorisme yang kelak bisa dilakukan oleh anak dari para pelaku terduga teroris tersebut.

“Terkait korban anak, sama seperti di beberapa kasus di berbagai tempat, KPAI tentu saja memberikan support yang maksimal terkait perlindungan dan rehabilitasinya,” ungkap Komisioner Bidang Anak Berhadapan dengan Hukum, Putu Elvina di Gedung Bareskrim Polri, jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat (14/5/2018).

Elvina juga menjelaskan jika KPAI juga akan memberikan edukasi kepada anak-anak yang terlibat dalam jaringan terorirsme, namun belum melakukan aksi terror. Aksi ini dimaskudkan oleh KPAI dalam upaya melakukan pencegahan tindak terorisme di kemudian hari.

Elvina menuturkan aksi terorisme yang melibatkan anak merupakan hasil dari kesalahan edukasi yang diajarkan oleh orang tua mereka. Terlebih, sang anak tinggal di lingkungan yang mendukung paham radikalisme dan terorisme.

“Jadi, ke depan, upaya edukasi ini diharapkan dapat memahamkan mereka untuk dapat menolak tindakan ini. Dan juga dapat mengedukasi anak-anak supaya mereka dapat menerima perbedaan dan kebhinekaan, hal tersebut dapat mencegah dan mengurangi daya efek paham radikal,” ujar Elvina.

Sejumlah teror bom yang terjadi di Surabaya saat Minggu (13/5/2018) melibatkan para anak pelaku teroris, dan 3 orang anak yang selamat kemudian dilarikan ke rumah sakit akibat ledakan yang dilakukan oleh ayah mereka, Anton Febriyanto. (pspt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *