Headline News

Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

JAKARTA, REQNews – Dirktorat Jenderal Bimas Kementerian Agama hari ini akan melaksanakan sidang penetapan awal bulan Ramadhan 1438 H (Sidang itsbat), Selasa (15/3/2018). Sidang isbat akan dilaksanakan mulai pukul 17.00, bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jl MH Thamrin No.6 Jakarta Pusat.

“Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan 1439 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439 H” ujar Direktur urusan Agama Islam dan pembinaan syariah, Juraidi, dikutip dari website resmi Kementerian Agama.

Juraidi menjelaskan sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB. Sidang dibuka dengan pemaparan dari tim hisab dan rukhyat Kemenag tentang posisi Hilal menjelang Ramadhan.

Setelah sholat maghrib, akan diputuskan penetapan waktu awal Ramadhan setelah ada laporan hasil dari tim  rukyatul hilal di lokasi pemantauan. Sidang Itsbat ini dilaksanakan secara tertutup. Juraidi juga memberitahukan hasil sidang sore ini akan di umumkan pada konferensi pers setelah putusan sidang.

Kemenag juga telah menurunkan sejumlah tim pemantau hilal di seluruh Provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait di mashing-masing wilayah.

Sidang itsbat sore ini akan dihadiri oleh Suta Besar Negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteoroloi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG) Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar astronomi dari ormas-ormas Islam, serta pejabat eselon I dan II kemenag dan tim hisab dan Rukyat Kemenag. (pspt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *