Headline News

Unik, Rafflesia Rochussenii yang Mekar di Atas Pohon

JAKARTA, REQNews – Seperti yang sudah kita tahu kebanyakan, jika bunga langka Raflesia tumbuh di atas permukaan tanah. Tapi, kali ini ada bunga raflesia unik, karena tumbuhnya yang di atas pohon. Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam akun instagramnya mengumumkan tentang penemuan raflesia unik tersbut.

Bunga Rafflesia rochussenii terpantau sedang mekar di Taman Nasional gunung gede Pagrango (TNGGP). Bunga ini tumbuh pada jenis liana dari Genus Tetrastigma yang biasanya tumbuh dan berada tepat di permukaan tanah.

Bagi kebanyakan masyarakat mengetahui jika bunga ini tumbuh di tanah, karena emang liana yang menjadi inangnya seringkali tertutup tanah. Namun kali ini Rafflesia rochussenii terlihat mekar di ketinggian 2,7 meter dari permukaan tanah, yang inangnya merambat ke atas.

Bisa menemukan bunga tersebut meruakan suatu kebahagiaan yang hakiki, karena mengingat perjalanan menuju okasi bunga yang sungguh tidak mudah dan di barengi dengan mandi keringat yang sudah membasahi tubuh.

Untuk diketahui, Genus Rafflesia di dunia berjumlah 25 jenis dan 12 jenis diantaranya dapat dijumpai di Indonesia. Menurut peraturan pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jeni Tumbuhan dan Satwa, maka semua jenis dari Genus Rafflesia dalam status dilindungi, mengingat tumbuhan ini keberadaannya langka dan hanya tumbuh secara alamiah, tidak dapat di kembang biakkan.

Sumber Foto Instagram @kementerianLHK

Dari 12 jenis genus Rafflesia yang ada di Indonesia, salah satunya masih ditemukan di TNGGP yaitu jenis Rafflesia rochussenii. Pertumbuhannya diperkirakan membutuhkan waktu selama 27,3 bulan untuk sebuah kuncup sampai mekar yang hanya bertahan selama 7 hari. (pspt)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *