Headline News

Tanggapan Jokowi Soal Tudingan SBY

JAKARTA, REQNews- Menaggapi tudingan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengungkapkan soal sikap aparat negara yang tak netral dalam proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa netralitas TNI, netralitas Polri, netralitas BIN (Badan Intelijen Negara) itu adalah bersifat mutlak dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah).

“Ini sudah saya tegaskan untuk disampaikan ke jajaran yang ada di Polri, TNI dan BIN. Saya sampaikan kepada Kepala BIN, Kapolri dan kepada Panglima TNI,” tegas Presiden Jokowi menjawab wartawan usai meninjau Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (25/6/2018) sore.

Menurut Jokowi, soal netralitas ketiga lembaga itu tidak perlu ditanyakan lagi. Jokowi juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi netralitas TNI, Polri, dan BIN.

“Kalau dilihat ada tidak netral, silakan dilaporkan ke Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu). Jelas sekali saya kira,” ucap Presiden Jokowi.

Sebelumnya, SBY menuding ada oknum BIN-Polri-TNI tidak netral. Dia memastikan hal tersebut bukanlah berita bohong atau Hoax.

“Yang saya sampaikan ini cerita tentang ketidaknetralan elemen atau oknum dari BIN, Polri, dan TNI. Itu ada nyatanya, ada kejadiannya, bukan hoax, sekali lagi ini oknum, namanya organisasi Badan Intelijen Negara atau BIN, Polri, dan TNI itu baik,” sebut dia saat konferensi pers di Hotel Santika, Bogor, Sabtu (23/6/2018). (Ran)

Please follow and like us:
25

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *