Headline News

Irwandi Resmi jadi Tersangka, Tjahjo Tunjuk Wagub jadi Plt

JAKARTA, REQNews- Gubernur Irwandi Yusuf resmi menjadi terksangka. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunjuk Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjadi Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh.

Selain menandatangani keputusan pengangkatan Wagub menjadi Plt Gubernur, Tjahjo juga menandatangani keputusan pengangkatan Wakil Bupati Bener Meriah menjadi Plt Bupati.

“Hari ini saya sudah teken wakil gubernur sebagai pejabat dan wakil bupati sampai berkekuatan hukum tetap,” kata Tjahjo di Komplek Parlemen Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Setelah keputusan ditandatangani, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Wabup Bener Meriah Syarkawi akan menjalankan tugas-tugas Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah.

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan pada Selasa lalu di Banda Aceh dan Kabupaten Bener meriah. Dari dua wilayah itu, KPK membekuk sepuluh orang, termasuk Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Setelah menjaani pemeriksaan di Polda Aceh, keempat tersangka diterbangkan ke Jakarta Rabu siang untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK.

Dalam konstruksi perkara, KPK menduga upaya pemberian uang Rp 500 juta dari Ahmadi kepada Irwandi merupakan bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta oleh Irwandi, terkait komisi ijon untuk proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana otonomi khusus Aceh tahun 2018. Hingga saat ini proses penyelidikan masih terus dilakukan oleh KPK. (Ran)

Please follow and like us:
18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *