Headline Pariwisata

Terminal 2 Soekarno Hatta Akan Menjadi Terminal Maskapai Berbiaya Murah

JAKARTA, REQNews – Rencananya Terminal 2 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, digadang-gadang sebagai tempat mendaratnya maskapai berbiaya murah, Low Cost Carrier Terminal (LCCT)

Untuk mencapai arget 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), berbagai upaya dilakukan Kementerian Pariwisata, salah satunya bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II untuk mengembangkan LCCT di Indonesia.

“Saya sudah bertemu Pak Awaluddin (Dirut PT. Angkasa Pura II), kami sudah sepakat LCCT paling mungkin di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Jum’at lalu (20/72018).

Dengan adanya terminal LCC, maka maskapai bisa memotong biaya operasional hingga 50 persen, namun akan memiliki trafik yang meningkat dua kali lipat.

Contoh Manfaat keberadaan LCCT dapat terlihat dari pertumbuhan grafik destinasi yang dikunjungi wisatawan di beberapa negara. Seperti Jepang yang telah memulai pengembangan LCCT sejak 2012. Dengan mengembangkan LCCT, wisatawan inbound ke Jepang sejak 2011 hingga 2015 tumbuh 33%, dan tahun 2017 mencapai 28,7 juta turis dengan pertumbuhan tertinggi di dunia.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa sebenarnya PT Angkasa Pura II sudah memiliki LCCT yakni Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. “Ke depannya, kami programkan Terminal 1 menjadi full LCCT penerbangan domestik. Sedangkan Terminal 2 full LCCT untuk penerbangan domestik dan internasional,” jelasnya. (dnls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *